Harga Rumah di Selandia Baru Sentuh Rekor Tertinggi

Big Banner

Harga rumah di Selandia Baru dilapokan naik hingga ke rekor tertinggi pada bulan Oktober ini. Sayangnya kenaikan harga ini tidak diikuti oleh bagusnya volume penjualan rumah di negara tersebut.

Menurut Real Estate Institute of New Zealand (REINZ), hal ini menunjukkan bahwa penjualan rumah di tahun 2013 tidak akan setinggi tahun-tahun sebelumnya.

Harga rata-rata rumah di Selandia Baru pada bulan Oktober tercatat meningkat NZD 7,525 atau 1,9 persen menjadi NZD 407.525. Namun secara tahunan, harga rumah di Selandia Baru sudah naik 7,2 persen.

Sementara itu, data dari REINZ menunjukkan bahwa volume penjualan perumahan turun hingga 4,1 persen pada bulan Oktober.

REINZ mengatakan penurunan ini disebabkan karena adanya pembatasan nilai pinjaman hipotek oleh Bank sentral pada 1 Oktober lalu.

“Dampak utama dari pembatasan itu adalah tingginya tingkat ketidakpastian ketersediaan dana dari para pembeli sehingga mereka menunda rencana membeli rumah sampai tingkat keuangan mereka cukup. Tentu ini akan sangat berpengaruh pada pihak penjual,” ujar Chief Executive REINZ, Helen O’Sullivan.

Menurut Helen, pembatasan itu membuat harga rumah di Selandia Baru menjadi kurang bagus meski naik hingga ke level tertinggi. Sebab, kenaikan harga rumah tersebut relatif tidak signifikan dibandingkan sebelumnya.

(ra/JA/vbn)

vibiznews.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me