BCA Optimis Target Penyaluran KPR Tercapai

Big Banner

Surabaya – PT Bank Centra Asia (BCA) Tbk Surabaya optimis penyaluran kredit pemilikan rumah (KPR) sebesar Rp 4 trilliun tahun ini akan tercapai seiring tren meningkatnya aplikasi KPR dalam beberapa bulan terakhir.

Kepala Kantor Kredit Konsumer Surabaya (K3S) BCA, Eko Budiono, mengatakan, tren peningkatan aplikasi KPR ini sudah terasa sejak Juli 2016 lalu pasca digulirkannya kebijakan tax amnesty oleh pemerintah. Bila sebelumnya rata-rata aplikasi KPR yang masuk ke K3S BCA sebanyak 16-18 aplikasi per hari, namun sejak Juli lalu jumlahnya naik 23 -25 aplikasi per hari.

“Tren ini tampaknya akan terus berlangsung hingga akhir tahun nanti,” kata Eko di Surabaya, Kamis (6/10).

Menurut Eko, meningkatnya aplikasi KPR juga didorong oleh kebijakan pemerintah tentang kemudah LTV (loan to value) sehingga konsumen makin diuntungkan. Jika sebelumnya DP KPR rumah pertama, kedua dan ketiga masing-masing 30 persen, 40 persen dan 50 persen, kini hanya 15 persen, 20 persen dan 25 persen.

Pemerintah juga memberi kelonggaran pembelian rumah kedua bisa indent. Berbeda dengan sebelumnya rumah kedua harus menungu rumah jadi baru KPR bisa diproses sehingga cukup memberatkan developer. “Sejak rumah kedua bisa indent, aplikasi KPR langsung naik 50 persen,” tambahnya.

Dengan kondisi tersebut, dia juga optimis target penyaluran KPR tahun ini sebesar Rp 3,5-4 triliun akan tercapai. Jumlah tersebut naik Rp 1 triliun dari tahun lalu. Sementara, hingga September 2016 lalu penyaluran KPR telah mencapai Rp 3 triliun.

“Sampai saat ini masih on the track. Per hari rata-rata permohonan yang masuk senilai Rp 40 miliar. Kami juga memberikan bunga cukup murah mulai 6,5 – 8,49 persen,” kata Eko.

 

Investor Daily

Amrozi Amenan/FER

Investor Daily

beritasatu.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me