Penyedot Debu Bisa Lebih Baik Loh… daripada Sapu, Mau Tahu?

Big Banner
Foto: Rumah123/iStock

Peyedot debu (vacuum cleaner) bukan hanya untuk menyedot debu karpet loh. Tetapi, juga bisa digunakan untuk membersihkan lantai dan furnitur semisal rak, lemari, kasur, dan sofa.

Kamu mungkin termasuk orang yang lebih memilih sapu ketimbang penyedot debu. Mungkin lantaran kamu masih berpandangan bahwa penyedot debu sebatas pembersih karpet saja.

Selain itu, kamu juga mungkin masih beranggapan penyedot debu tak sebaik sapu sebagai alat pembersih, sulit digunakan, dan harganya pun mahal. Padahal sih ga gitu loh!

Sebagian orang, mungkin termasuk kamu juga, masih beranggapan bahwa penyedot debu yang efisien adalah yang berdaya listrik rendah. Padahal, sebenarnya penyedot debut terbaik adalah yang kemampuannya tinggi dalam mengisap debu.

Baca juga: Singkirkan Debu dari Layar Televisimu

Nah, kamu perlu mengenali beberapa kriteria yang menentukan kemampuan sebuah penyedot debu. Simak tips berikut ini seperti dikutip dari Kompas.com:

  1. Harus kuat menyedot

Penyedot debu yang kuat harus memiliki komponen lengkap di dalamnya. Hal ini ditentukan oleh seluruh bagian penyedot debu mulai dari nozzle atau bagian pertama yang menyentuh permukaan pada penyedot debu, motor, hingga sistem filtrasi dari penyedot debu tersebut.

Kemampuan menghisap yang kuat akan terjadi apabila kombinasi antara daya hisap dan aliran udara di corong dapat memberikan kecepatan maksimal.

  1. Tidak mengeluarkan debu kembali

Keberadaan filter atau penyaring di dalam penyedot debu menjadi sangat penting. Penyedot debu yang efisien harus mempunyai sistem penyaringan tertutup dan saringan High-Efficiency Particulate Arrestance (HEPA) yang baik.

Penyedot debut dengan sistem filter tersebut biasanya terbukti 99,99 persen bikin debu yang masuk tidak bisa keluar lagi.

Baca juga: Yang Dikoleksi Tuh Buku, Bukan Debu!

  1. Pegangannya mudah digunakan

Faktor ini lebih kepada desain penyedot debu yang menunjang fungsinya. Penting diperhatikan untuk memiliki penyedot debu yang pegangannya mudah digunakan, karena selain menunjang kinerja juga terkait efisiensi.

Corong dan selang penyedot debu yang aerodinamis berguna untuk meminimalisasi kurangnya tekanan pada sistem. Ini juga merupakan kunci utama efisiensi dan kemudahan penggunaan penyedot debu.

  1. Tidak cepat panas dan tahan lama

Faktor ini berkaitan dengan sistem penyaring dan kantong debu. Bagi penyedot debu yang memiliki kantong debu, maka pencegahan untuk tidak cepat panas dan tahan lama adalah dengan mengganti kantong debu jika sudah penuh.

Mengosongkan tempat debu dan membersihkan penyaringnya secara berkala akan mencegah mesin penyedot debu cepat panas, sehingga mesin akan selalu optimal.

rumah123.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me