Siapa Mau Punya Rumah Bersih dan Sehat?

Big Banner
Ilustrasi. (Rumah123/iStockphoto)

Rumah bersih dan sehat menjadi dambaan setiap orang. Kalau rumah kamu bersih, maka kesehatan kamu dan penghuni lainnya bisa terjaga.

Sebaliknya, kalau rumah kamu kotor dan tidak terawat, wah bisa jadi para penghuni rumah menjadi tidak sehat dan ada masalah pada kesehatan.

Sebenarnya gampang lho membuat rumah menjadi bersih dan sehat. Kalau nggak percaya, kamu mesti baca nih.

Pertama, kamu harus menjaga kualitas udara di dalam rumah. Sirkulasi udara di rumah kamu harus baik lho. Udara di dalam rumah bisa mengalir ke luar, cahaya matahari bisa menyinari sebagian besar rumah. Rumah kamu pun tidak menjadi lembab karena dua hal tadi.

Kamu juga harus membersihkan perangkat pendingin udara atau AC, lemari es atau kulkas, air purifier, dan exhaust fan. Alat-alat ini berpotensi sangat kotor kalau tidak dibersihkan secara rutin.

Baca juga: Begini Caranya Nih, Rumah Terang Benderang Berkat Cahaya Alami

Kedua, kamu harus membersihkan setiap ruangan secara rutin. Kamu harus menyapu dan mengepel rumah setiap harinya, minimal satu hari sekali. Saat mengepel, usahakan kamu membuka jendela dan pintu agar bau dari pembersih lantai bisa keluar dari dalam rumah.

Kamu juga mesti rajin membersihkan kamar mandi. Jangan sampai tempat ini kotor, berjamur, dan lembab. Demikian juga dengan dapur yang pastinya kotor oleh noda minyak, makanan, dan debu.

Jangan ketinggalan juga gudang.  Kamu biasa menaruh banyak barang di tempat ini, namun mengabaikan kebersihannya. Kalau begitu, kamu mesti bersiap kedatangan tamu tikus dan kecoak.

rumah123.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me