Jal Mahal, Istana yang Tenggelam di India

Big Banner

JAKARTA – Jal Mahal adalah sebuah istana yang berada di perairan danau buatan kota Jaipur, India. Tak banyak sejarah yang diketahui dari istana yang disebut sebagai ‘istana air’ karena berada di tengah danau dan tenggelam sebagian tersebut.

Seperti dilansir dari Amusing Planet, Rabu (12/10/2016), istana tersebut dibangun pada abad ke 18 oleh Maharaja Madho Singh sebagai tempat singgah saat keluarga kerajaan pergi berburu. Kemudian, oleh sang anak Madho Singh II, istana ditambahkan sebuah halaman, namun diabaikan hingga dua abad kemudian atau sekira tahun 2000 direnovasi kembali.

Meski sebuah persinggahan, namun Jal Mahal tidak dilengkapi dengan kamar dan hanya terdapat teras taman yang luas tempat raja berjalan-jalan santai. Istana ini memiliki ketinggian lima lantai, hanya saja terendam danau, sehingga hanya bagian atasnya yang tampak.

Jal Mahal memiliki perpaduan arsitektur Rajput dan Mughal. Arsitektur Rajput terinspirasi oleh arsitektur Hindu tradisional, sementara Mughal sangat dipengaruhi oleh gaya Islam dan Persia.

Pada 2004, sebuah perusahaan swasta mengambil alih seluruh wilayah danau termasuk Jal Mahal dan berencana mengubahnya menjadi sebuah resor dan tujuan wisata. Selama dekade terakhir, perusahaan telah sibuk membersihkan danau yang sempat tercemar air limbah dan memperbaiki istana.

Meski kualitas air sudah membaik, namun Jal Mahal belum terbuka untuk wisatawan, namun pengunjung dapat menikmati pemandangan istana dari perahu.

property.okezone.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me