Gandeng IBPA, Kempupera Dorong Skema Pembiayaan Perumahan

Big Banner

Jakarta – Dalam rangka meningkatkan kualitas skema pembiayaan perumahan bagi Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR), Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kempupera) melalui Direktorat Jenderal Pembiayaan Perumahan menjalin kerjasama dengan PT Penilai Harga Efek Indonesia atau juga dikenal dengan nama Indonesia Bond Pricing Agency (IBPA)

“Penandatanganan kerjasama tentang Penyusunan Kajian, Analisis dan Konsultasi dalam bidang Penilaian Harga Efek bertujuan meningkatkan kualitas skema pembiayaan perumahan bagi MBR,” ujar Direktur Jenderal Pembiayaan Perumahan Kempupera, Maurin Sitorus, di Jakarta, Kamis (13/10).

Maurin menyampaikan, tujuan dari penandatanganan kerjasama ini adalah untuk menyediakan kajian, analisis dan hasil konsultasi di bidang penilaian harga efek yang independen dan kredibel dalam mendukung penyelenggaraan pembiayaan perumahan. Seperti diketahui, kata dia, IBPA merupakan lembaga yang independen dan kredibel untuk melakukan penilaian terhadap bond atau surat utang.

“Kualitas Skema Pembiayaan Perumahan ini dapat diperoleh tentunya dengan kajian dan data yang akurat di pasar modal yang tentunya hanya dapat diperoleh lewat kerjasama dengan IBPA,” kata Maurin.

Pasar modal, lanjut dia, dapat berperan serta dalam menghimpun dana masyarakat untuk disalurkan nantinya ke bidang properti bagi MBR.

“Kami perlu IBPA dalam rangka menentukan cost structure FLPP bersubsidi, karena selama ini kami bekerja sama dengan perbankan dan mereka melakukan penghitungan sendiri dalam menetapkan suku bunga bersubsidi. Sehingga, kami memerlukan bantuan lembaga yang independen untuk menetapkan suku bunga yang lebih rendah, transparan dan kredibel,” kata Maurin.

Investor Daily

Imam Muzakir/FER

Investor Daily

beritasatu.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me