Rencana Waskita Bangun Super Mega Proyek Infrastruktur

Big Banner

Kabar gembira untuk wilayah Kalimantan, PT Waskita Karya Tbk dikabarkan tengah berencana membangun jembatan sepanjang 12 km di atas laut, teluk Balikpapan. Jembatan ini akan menjadi jalan penghubung antara Penajam dan Balikpapan, Kalimantan Timur. 

Terkait rencana ini maka diperlukan suatu studi mendalam untuk proses pembangunannya. Ahli infrastruktur jembatan, Profesor Wiratman mengatakan, membangun mega infrastruktur yang tak biasa seperti ini tidak bisa tanpa perencanaan yang matang. Tantangannya akan sangat besar untuk merealisasikan mega proyek ini.

Profesor Wiratman juga menyampaikan bahwa studi harus dilakukan mencakup tantangan dan resiko pekerjaan. Menurutnya, untuk membangun jembatan di atas laut yang cukup panjang, perlu metode jembatan suspensi dengan menancapkan beberapa tiang pancang yang kokoh. Diperkirakan penyelesaian jembatan ini akan selesai dalam kurun waktu 3-4 tahun mendatang.

Analis Vibiz Research dari Vibiz Consulting berpendapat bahwa  mega proyek yang akan dikerjakan ini merupakan sebuah proyek yang fantastis dimana pastinya akan membutuhkan banyak investor serta bantuan pemerintah daerah dan juga dikerjakan oleh sumber daya manusia yang kompeten pastinya. Jika terwujud maka dapat dipastikan akan menjadi indikator yang dapat menambah kemajuan perekonomian Kalimantan Timur bahkan sekelilingnya.

 

Nia/Analyst at Vibiz Research/VM/VBN-IDX Stocks
Editor: Jul Allens
Images: Wikipedia

vibiznews.com