Keran Rusak atau Bocor? Nggak Usah Panik Ah!

Big Banner
Foto: Rumah123/iStock

Keran bocor bisa bikin panik karena tagihan air atau listrik bisa naik. Gimana solusi terbaik? Gak usah panik! Penyebabnya bisa jadi karena karet lem yang melapisi antara pipa dan keran sudah aus.

Untuk memperbaiki keran, kamu tidak perlu memanggil tenaga ahli. Kamu pun bisa mencobanya. Hanya saja kamu harus cermat agar tidak salah saat memasang, sekaligus menghindari kerusakan yang lebih parah.

Mengatasi keran bocor sebenarnya mudah sekali. Hentikan dulu putaran pipa air atau kalau kamu menggunakan mesin pompa bisa mematikannya dulu. Kemudian, lepas keran tersebut. Bersihkan pangkal keran dari sisa lem dan lapisi lagi karet lem sebanyak 6-7 kali putaran. Lalu, pasang kembali.

Baca juga: Begini Sentuhan Ajaib Keran Minimalis di Kamar Mandimu

Selain terjadi kebocoran, keran juga bisa bocor karena ada bagian yang rusak. Kerusakan bisa juga disebabkan oleh bola yang biasa menutup dan membuka saluran air tidak berfungsi lagi. Jika sudah terjadi seperti ini. cara satu-satunya ya kamu harus menggantinya dengan keran baru.

Akan tetapi, bila kerusakan keran bukan karena bolanya, cara memperbaikinya tidak jauh berbeda dengan keran yang mengalami kebocoran. Matikan semua sumber air, baik dari pompa maupun PAM. Gunakan kunci pas untuk melepaskan keran dari pipa. Bersihkan pangkal keran dari sisa lem.

Jangan lupa, bersihkan lubang pipa. Usahakan bagian pangkal lubangnya telah kering. Setelah kering, beri selotip atau lem pada ujung keran sampai kamu yakin bakal menutup celah pipa. Lalu, pasang kembali kerannya. (Wit)

rumah123.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me