Untuk KPR, IBPA Menentukan Suku Bunga Lebih Rendah Ketimbang Bank

Big Banner
Penandatanganan kerja sama DIrjen Pembiayaan Perumahan Kemen PUPR dan Indonesia Bond Pricing Agency (IBPA) di Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Kamis (13/10). Foto: Rumah123/Kemen PUPR

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Direktorat Jenderal Pembiayaan Perumahan menandatangani kerja sama dengan PT Penilai Harga Efek Indonesia atau Indonesia Bond Pricing Agency (IBPA) di Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Kamis (13/10).

Tujuan kerja sama tersebut untuk menyediakan kajian, analisis, dan hasil konsultasi di bidang penilaian harga efek yang independen. Juga kredibel dalam mendukung penyelenggaraan pembiayaan perumahan, khususnya bagi Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR).

Baca juga: Lagi, Pekerja MBR Dapat Kemudahan Beli Rumah

“Kami perlu IBPA dalam rangka menentukan cost structure FLPP (Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan) bersubsidi. Selama ini kami bekerja sama dengan perbankan. Mereka memperhitungkan sendiri dalam menetapkan suku bunga bersubsidi,” kata Direktur Jenderal Pembiayaan Perumahan Kementerian PUPR, Maurin Sitorus seperti dikutip dari siaran pers Kementerian PUPR.

Baca juga: Inilah Syarat Pokok Agar MBR Bisa Beli Rumah Subsidi

IBPA dipercaya sebagai lembaga yang independen. Sekaligus bisa menetapkan suku bunga lebih rendah, transparan, dan kredibel.

“Kualitas skema pembiayaan perumahan ini dapat diperoleh tentunya dengan kajian dan data yang akurat di pasar modal. Tentunya hanya dapat diperoleh lewat kerja sama dengan IBPA,” ujarnya. (Wit)

rumah123.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me