2019, Tol Manado-Bitung pun Rampung

Big Banner
Ruas jalan Tol Manado-Bitung diprediksi Rampung pada 2019. Foto: Rumah123/Kemen PUPR

Pembangunan Jalan Tol Manado-Bitung sepanjang 39,9 kilometer ditargetkan selesai Maret 2019. Untuk mempercepat proyek tersebut, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menggandeng pemerintah provinsi (Pemprov). Menyelesaikan pembebasan lahan yang selama ini menjadi permasalahan pembangunan proyek tersebut.

“Untuk jalan tol dalam waktu dekat ada 15 kilometer yang akan dibangun antara Manado-Bitung. Mudah-mudahan 2019, kalau bisa kita percepat, tergantung pada pembebasan lahannya,” ujar Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono, saat meninjau lokasi proyek di Manado, Kamis (13/10).

Baca juga: Jalan Tol Seribu Kilometer Ini Rampung pada 2018

Saat ini progres pembebasan lahan seksi I (Manado-Airmadidi) telah mencapai 31 persen. Selain mendorong percepatan pembebasan lahan, kontraktor yang menangani juga diminta mempercepat kinerjanya. Seluruh pejabat yang menangani juga berjaga mengawasi terus proyek tersebut.

“Proyek ini penting untuk mempercepat waktu tempuh Manado-Bitung. Untuk itu saya minta semuanya kerja tiga shift per hari, tujuh hari per minggu. Semua pejabat turun ke lapangan mengawasi termasuk eselon tiga yang ada di Jakarta untuk membantu,” katanya.

Baca juga: Sabaaar… Sebentar Lagi Jalan Pantai Laut Selatan Bisa Dilewati

Jalan tol Manado-Bitung dibangun untuk menyediakan jalan alternatif dari ruas jalan Manado-Bitung yang saat ini tersedia. Merupakan satu-satunya jalur penghubung antar kedua kota. Sejalan dengan pertumbuhan jumlah kendaraan yang meningkat, menyebabkan jalur tersebut semakin padat. (Wit)

rumah123.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me