Mengetahui Harga Jasa Arsitek dan Desainer Interior

Big Banner

Setiap orang tentu mengingankan sebuah rumah yang bagus dan unik. Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, beberapa orang menyewa jasa arsitek dan desain interior.

Berbeda dengan membeli rumah dari developer yang cenderung sama dan seragam, memesan dan mendesain rumah dengan meminta bantuan arsitek dan desainer interior bisa lebih unik dan disesuaikan dengan kebutuhan pemilik.

Seperti yang diutarakan oleh jasa arsitek dan desainer interior 1+8 Architect (One Plus Eight Architect), sejak tahun 1998, mereka telah melayani segala kebutuhan konsumen mulai dari perencanaan hingga design and build.

Dan ketika ditanya mengenai tarifnya, menurut pemaparan Mariana selaku Desainer Interior dari 1+8 Architect, biaya arsitek ataupun desainer interior dihitung berdasarkan kebutuhan konsumen masing-masing.

“Harga tergantung dari luas tanah, lokasi, kebutuhan ruang, serta gaya desain yang mau diusung. Tapi standarnya, sekitar Rp250.000/m2 untuk desain, Rp300.000/m2 untuk interior, dan Rp6.000.000/m2,” ucapnya kepada tim Rumahku.com.

BACA JUGA : 2 Poin Penting yang Membedakan Desainer Interior dan Dekorator Interior

Sementara jika ditanya mengenai waktu pengerjaannya, Mariana mengatakan bahwa semua tergantung dari kebutuhan dan luas bangunan yang diinginkan. Jika di tengah jalan ada revisi, maka waktu yang dibutuhkan bertambah lama.

“Tapi biasanya, untuk pengerjaan gambar membutuhkan waktu sekitar 2 minggu. Sedangkan dalam membangun, waktu standarnya adalah 6 bulan,” lanjutnya.

Hingga kini, 1+8 Architect telah mengerjakan benyak proyek di Jakarta, Surabaya, Bandung, Bali, dan Makassar.

“Tentu saja harga di luar Jakarta akan berbeda dan disesuaikan dengan biaya transportasi, kebutuhan orang, hingga material yang dibutuhkan,” tutup Mariana.

rumahku.com