Cat Bisa Buat Rumah Lebih Sejuk

Big Banner

Keberadaan AC telah menjadi kebutuhan bagi setiap rumah tangga. Setidaknya, setiap rumah perlu sebuah AC untuk membuat ruangan jadi lebih sejuk dan tidak panas.

Masalahnya, penggunaan AC turut meningkatkan anggaran rumah tangga setiap bulannya. Sebagai contoh, untuk AC 1PK, rata-rata listrik yang dikonsumsi adalah sebesar 800 watt.

Kita asumsikan, TDL (Tarif Dasar Listrik) terbaru adalah Rp1.500/kwh. Jika kita gunakan setidaknya 8 jam per hari, maka tiap bulannya biaya yang dikeluarkan hanya untuk AC saja sekitar Rp288.000 per bulan.

Berdasarkan pernyataan dari tim marketing dari Reflecto Heat Protection, cat garapannya mampu mengurangi penggunaan AC karena memiliki sifat memantulkan panas matahari dan tidak menyerapnya masuk ke dalam bangunan.

“Untuk yang cool waterproofing, kami menjamin penurunan suhu minimal 8 derajat celsius. Sementara untuk yang cool roof minimal 12 derajat celsius,” ucap Irwan, Marketing Reflecto kepada Rumahku.com beberapa hari lalu.

Masih katanya, cool roof mampu menghemat AC 1PK setiap 20 m2 – 30 m2 untuk rumah tanpa plafon, dan 40 m2 – 60 m2 untuk rumah dengan plafon.

BACA JUGA : Cara Efektif Menghapus Noda Tinta dari Pakaian

Tidak hanya itu, produk yang ditawarkan juga dinilai anti bocor, retak, dan karat. Bahkan untuk yang cool roof juga dinilai memiliki teknologi sound proofing – STC 22.

Dalam pengaplikasiannya, disarankan agar dinding yang ingin dilapisi cat tersebut dibersihkan terlebih dahulu dengan chemical cleaning agar lebih awet. Atau bisa langsung ditiban jika sebelumnya dinding sudah diberi lapisan waterproof.

Reflecto Cool Waterproofing dihargai Rp145.000 untuk kemasan 1 kg dengan daya sebar 2 m2 untuk dinding, 1,5 m2 untuk dak beton, dan 3 m2 jika hanya untuk mendinginkan. Sementara Cool Roof, harganya Rp150.000 dengan daya sebar 2 m2 untuk soundproofing dan 3 m2 untuk menurunkan suhu di dalam ruang.

rumahku.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me