Menanam Tanaman Indoor Tanpa Membuat Ruangan Kotor

Big Banner

Jika biasanya menanam tanaman, termasuk hidroponik dilakukan secara outdoor, maka kini kita bisa melakukannya di dalam ruangan (indoor).

Ditemui pada perhelatan Homedec, salah satu marketing Hydrofarm, perusahaan yang membuat sistem hidroponik mengaku bahwa alatnya bisa digunakan di mana saja, bahkan juga tidak menyebabkan ruangan jadi kotor.

“Idealnya tanaman membutuhkan sinar matahari untuk proses tumbuh, tapi tidak mesti, karena bisa digantikan dengan lampu grow light. Sementara yang kita jual adalah paket sistem penanaman hidroponik tanpa tanah, jadi media tanamnya cuma air,” ucapnya kepada Rumahku.com.

Yulianti melanjutkan bahwa segala jenis air bisa digunakan, asalkan bersih dengan takaran pH antara 5,5 sampai 7. Setelah itu tinggal ditambahkan dengan nutrisi dari Hydrofarm, yakni berupa kandungan mineral garam.

“Kelebihan kami adalah ruangan jadi tidak kotor karena tidak memakai tanah. Selain itu, masa panennya pun tergolong singkat karena cuma sekitar 3 hingga 4 minggu. Jika menanam biasa membutuhkan waktu beberapa bulan,” tambahnya.

BACA JUGA : Tips Memilih Posisi Tanah Kavling yang Tepat

Mengenai harganya, untuk yang 1 paket yang berisi 15 lubang dihargai Rp890.000, sudah termasuk manual book, nutrisi untuk masa sekali panen, media tanam, media semai, bibit, dan juga pompa air.

“Mengapa harus ada pompa air, karena air harus mengalir 25 jam dengan konsumsi listrik sekitar 35 watt,” tukas Yuli lagi.

Jika masih bingung soal pemasangannya, Hydrofarm juga memberikan pelatihan instalasi untuk produk mereka secara gratis. Yang paling dekat akan berlangsung di Pesanggrahan, Kebun Jeruk, pada 8 Oktober 2016 mendatang.

rumahku.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me