Dampak Negatif ‘Tax Amnesty’ Terhadap Sektor Properti

Big Banner

Kendati tax amnesty memiliki dampak positif untuk mendongkrak sektor properti, tapi ternyata ada pula sisi negatif yang bisa muncul. Yakni membuat harga jual properti jadi tak terprediksi.

Hal itu diutarakan oleh Ali Tranghanda kepada Rumahku.com. Menurutnya, harus ada langkah antisipasi dari pemerintah guna menahan harga agar kenaikan properti tidak langsung membumbung tinggi.

“Ada dampak negatif yang mesti diperhatikan, saat dana repatriasi masuk dan banyak yang beli properti, harga properti tentu akan naik. Kelas menengah bawah akan kelimpungan,” tegas Ali saat ditemui di kawasan Gatot Subroto, Jakarta.

Ia melanjutkan bahwa pemerintah harusnya bisa mengendalikan harga properti. Salah satu hal yang bisa dilakukan adalah dengan menyediakan bank tanah.

“Dalam 3 tahun, land bank proyek sejuta rumah bakal habis. Jika sudah begitu di mana lagi akan membangun rumah murah? Dan berapa harganya? Jadi pemerintah harus menyiapkan bank tanah secepat mungkin,” tukasnya.

BACA JUGA : 4 Tips Investasi yang Bisa Dilakukan Pengantin Baru

Beberapa kebijakan yang selama ini dikeluarkan oleh pemerintah, kata Ali merupakan stimulus untuk mendongkrak sektor properti agar kembali bergairah. Namun begitu, belum ada langkah antisipasi saat harga kembali naik selaras dengan pertumbuhan jumlah permintaan.

“Berapa pun kenaikan harga properti, masyarakat berpenghasilan rendah akan tetap bisa beli rumah murah jika ada bank tanah,” tutupnya.

rumahku.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me