Atasi Banjir Jakarta, Pemerintah Bangun Bendungan Kering

Big Banner

Direktorat Jenderal Sumber Daya Air (SDA) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PU-Pera) akan segera membangun suatu Bendungan Kering (Dry Dam) guna menanggulangi banjir di Jakarta. Bendungan ini akan dibangun di daerah Ciawi dan Sukamahi.

“Jadi Bendungan Ciawi ini adalah bendungan yang pertama kali kita bangun di Indonesia  yang tidak menampung air, makanya dinamakan bendungan kering,” terang Imam Santoso, Kepala Pusat Bendungan Direktorat Jenderal Sumber Daya Air PU-Pera, seperti informasi yang diterima Rumahku.com.

Kedua bendungan ini tidak akan dialiri air namun lebih difungsikan untuk mengejar kapasitas pengendalian banjir. Bendungan akan menampung air dan memperlambat aliran air hujan ke Jakarta ketika hujan turun.

Bendungan ini dirancang untuk dapat menampung air sebanyak 189 meter kubik per detik. Kapasitas ini menampung kira-kira 13 persen dari kapasitas total kali Ciliwung yang ada di Jakarta. Pembangunan kedua bangunan kering ini diikuti dengan selesainya normalisasi kali Ciliwung yang ada di Jakarta Outer Ring Road (JORR).

BACA JUGA : Ditemukan Material Kayu Transparan Pengganti Kaca

Anggaran yang telah disiapkan untuk pembangunan kedua bendungan kering ini mencapai Rp1,3 triliun. Ditargetkan sudah melakukan tanda tangan kontrak pada akhir tahun 2016 ini.

“Jadi Bendungan Sukamahi dan Ciawi kita bangun dan kita akan kontrakan pada anggaran tahun ini 2016, dan saya berharap pada Oktober akhir atau November awal sudah teken kontrak,” pungkas Imam.

rumahku.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me