Resmikan Jembatan Sigandul, Ini Harapan Menteri PU-PR

Big Banner

Jembatan Sigandul yang menghubungkan kota Temanggung-Wonosobo telah diresmikan oleh Menteri PU-PR (Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat) Basuki Hadimuljono pekan lalu. Memiliki panjang 100 meter dan lebar 14,2 meter, jembatan ini diharapkan bisa berguna untuk masyarakat.

Selain Basuki, acara peresmian tersebut dihadiri pula oleh Sudjadi (Anggota Komisi V DPR), Ganjar Pranowo (Gubernur Jawa Tengah), Bambang Sukarno (Bupati Temanggung), Ahmad Ghani Gazali (Direktur Pembangunan Jalan Ditjen Bina Marga PUPR) dan Achmad Heri Marzuki (Kepala BBPJN VII).

Berlokasi di Desa Tlahap, Kecamatan Parakan, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah, jembatan ini memiliki fungsi sebagai pengganti jembatan yang lama. Pasalnya, jembatan lama dinilai terlalu berkelok dan memilliki tanjakan/turunan yang curam sehingga sering menyebabkan kecelakaan.

BACA JUGA : Tinggal di Rumah Sendiri atau Rumah Orang tua?

“Jembatan Sigandul (baru) akan mengubah geometri jalan jadi lebih nyaman, aman dan menaikkan tingkat keselamatan bagi pengguna, sehingga kecelakan lalu lintas di ruas Temanggung – Wonosobo bisa ditekan,” ucap Basuki berdasarakan informasi yang diterima Rumahku.com.

Dibangun oleh PT Adhi Karya (Persero), pembangunan jembatan memakan dana sekitar Rp54,3 miliar dari APBN (Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara) sejak pembangunan tahun 2014 lalu. Selain itu, dibutuhkan pula pembebasan lahan dari masyarakat seluas 11.709 m2 untuk digunakan sebagai bibir jembatan.

Usai peresmian, pemerintah kemudian menyempatkan diri untuk menyambangi lokasi pembangunan jembatan berikutnya, yakni Jembatan Galeh Cs yang terdiri dari empat jembatan gantung dan dinilai sudah akan selesai pada Desember 2016 mendatang. 

Keempat jembatan tersebut adalah Jembatan Gantung Suropadan (90m) yang melewati sungai Elo dan menghubungkan Kecamatan Pringsurat-Grabag, Jembatan Gantung Galeh (90m) yang melewati sungai Galeh dan menghubungkan Kecamatan Bulu-Parakan, Jembatan Gantung Mangunsuko (120m) yang melewati Sungai Senowo dan menghubungkan 4 Dusun di Kecamatan Dukun, serta Jembatan Gantung Krinjing (90m) yang melewati sungai Kepil menghubungkan dua desa lainnya di Kecamatan Dukun.

rumahku.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me