Pemda Dihimbau Membuat Perda Pengelolaan Rusunawa

Big Banner

Sebelum mengajukan permohonan bantuan rumah susun sederhana sewa (rusunawa), Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PU-Pera) menghimbau agar Pemda mempersiapkan Peraturan Daerah (Perda) tentang pengelolaan rusunawa.

Perda yang dimaksud harus mengatur tentang pengelolaan, pemanfaatan, dan penghunian rusunawa agar pada realisasinya Pemda memiliki acuan dan tidak menimbulkan masalah di kemudian hari. Tak hanya itu, Pemda juga perlu menentukan sasaran masyarakat, persyaratan, serta mekanisme penghuniannya.

“Perda pengelolaan Rusunawa sangat penting. Kementerian PU-Pera siap membantu fasilitasi dengan melakukan pembinaan serta pendampingan kepada Pemda dalam menyusun Perda tersebut,” terang Lukman Hakim, Setditjen Penyediaan Perumahan Kementerian PU-Pera.

Dalam mengajukan permohonan, Pemda juga seharusnya sudah menyediakan lahan yang tepat sebagai tempat pembangunan rusunawa tersebut. Dan tentu saja lahan tersebut haruslah terbebas dari segala masalah.

BACA JUGA : PRIME SYSTEM Resmi Jalin Kerjasama dengan AREBI Kepri

Lebih detail lagi, Cut Lisa selaku Kepala Subdit Penghunian dan Pengelolaan Rumah Susun mengatakan bahwa sosialisasi tentang tata cara penggunaan fasilitas rusunawa juga perlu digalakkan. Tujuannya agar masyarakat yang menyewa dapat menjaga fasilitas tersebut. Sehingga ketika ada pergantian penyewa, fasilitas masih dalam keadaan baik.

“Pemda juga perlu memberikan sosialisasi kepada masyarakat tentang batasan waktu tinggal di rusunawa. Supaya pada masa mereka tinggal di rusunawa tersebut mereka dapat mempersiapkan diri untuk mencicil rumah,” tegasnya.

rumahku.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me