Jangan Panik Dong, Kenali Penyebab Cat Dinding Mengelupas

Big Banner
Ilustrasi. (Rumah123/iStockphoto)

Cat pada dinding interior atau eksterior rumah kamu mengelupas? Ah, itu biasa terjadi kok. Setelah beberapa waktu memang hal itu akan terjadi.

Tetapi kalau sering kali terjadi atau terjadi tidak lama setelah mengecat, maka kamu harus segera berpikir apa yang menjadi penyebabnya. Nah, di bawah ini ada sederetan yang mungkin menyebabkan terjadinya pengelupasan cat dinding, yuk kita tengok.

Pertama, kualitas cat yang sangat rendah. Ini menjadi salah satu penyebab cat yang mengelupas. Hal tersebut berkaitan dengan konsentrasi resin pada cat.

Kedua, permukaan dinding yang kotor dan berminyak. Kalau kamu mengecat pada permukaan tembok yang kotor dan berminyak, maka bisa terjadi pengelupasan.

Ketiga, permukaan tembok yang mengapur. Jika kamu tidak membersihkan permukaan dinding hingga bersih, maka cat tidak bisa menempel. Daya lekatnya juga buruk karena permukaan dinding yang tidak bersih.

Baca juga: Awas, Jangan Sembarangan Mengecat Dinding dengan Dua Warna

Keempat, kamu tidak membersihkan sisa cat lama. Melapisi cat lama dengan cat baru, sementara cat lama tidak berkualitas baik maka bisa berakibat pada cat lama tertarik dan mengelupas.

Kelima, dempul berkualitas rendah. Ini menjadi faktor yang membuat cat mudah terkelupas. Daya lekat dempul yang kurang membuat dempul bisa ikut terangkat saat kamu mengecat.

Keenam, cat dibuat terlalu encer. Biasanya cat akan dicampur air utamanya cat waterbase, namun bisa saja diberi air terlalu banyak. Alhasil, cat terlalu encer dan bisa terkelupas suatu saat.

Ketujuh, ada ketidakcocokan antara cat dasar dan cat akhir. Kamu menggunakan cat dasar dan cat akhir yang tidak cocok sehingga lapisan cat tertarik dan memicu pengelupasan.

rumah123.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me