Ingat Lho, Awasi Pemakaian Listrik Supaya Terhindar dari Kebakaran

Big Banner
Ilustrasi. (Rumah123/iStockphoto)

Kamu pasti sering melihat tayangan berita di televisi kalau terjadi kebakaran rumah yang disebabkan oleh korsleting.

Korsleting atau arus pendek memang bikin ngeri. Kejadian seperti ini selalu berulang dan pastinya akan merugikan karena sering menimbulkan kerugian materi dan korban jiwa.

Hal ini bisa dicegah? Oh, tentu bisa karena kalau kamu bisa melakukannya. Keamanan dalam pemakaian listrik harus selalu dipastikan.

Arus pendek terjadi bila dua kabel bertegangan bisa saling bersentuhan. Hal ini kemudian menimbulkan percikan api, bahkan ledakan kalau arusnya cukup besar.

Baca juga: Aduh, Jangan Sampai Tersengat Listrik Saat Hujan Turun

Kalau percikan api ini mengenai benda yang mudah terbakar, maka kebakaran pun tidak dapat dielakkan lagi.

Selain korsleting, kamu juga harus mewaspadai terbakarnya colokan listrik atau steker. Saat memasang kabel ke colokan dan terasa longgar atau daya listrik tidak mudah mengisi, hal ini dapat memunculkan percikan api.

Kalau hal ini terjadi berulang kali, steker dapat hangus terutama bagian yang terbuat dari plastik atau kabel. Tidak hanya itu, kabel dalam steker juga bisa terbakar.

Hanya saja ada bedanya korsleting dengan terbakarnya steker. Kalau korsleting bisa terjadi seketika dan menarik perhatian, sedangkan proses terbakarnya steker kadang tidak terdeteksi dan mungkin kamu hanya mencium bau gosong saja.

rumah123.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me