Interior Berpengaruh Pada Kesehatan dan Psikologis Penghuninya

Big Banner

Housing-Estate.com, Jakarta – Menata interior rumah bukan hanya untuk kerapihan tatapi juga untuk menciptakan kenyamanan. Yang perlu diperhatikan dalam menata interior adalah menyesuaikan dengan kebutuhan pribadi dan keluarga. Menurut Principal Designer Hadiprana William Patty, penataan interior yang baik dampaknya bisa sangat luas mulai memengaruhi kesehatan, psikologis, hingga emosi setiap penghuni rumah.

interior lebaran

“Makanya sebuah ruang harus direncanakan dengan baik, elemen yang digunakan hingga bentuk maupun penataan interior akan sangat berpengaruh untuk menciptakan good health dan good life,” ujarnya di acara bincang interior yang diselenggarakan Synthesis Development di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Perencanaan harus dilakukan mulai bentuk bangunan dan furnitur yang digunakan. Perbandingan antara rasio panjang, lebar, dan tinggi ternyata juga bisa memengaruhi sisi psikologis penghuni rumah. Secara umum, rumah juga harus didukung dengan desain konstruksi bangunan yang baik.

Kemudian untuk bentuk layout ruang, layout furnitur, bahan material, warna, lighting, aksesori, hingga tanaman yang berada di dalam rumah. Seluruhnya harus ditentukan dengan baik dan pas sehingga bisa membangkitkan perasaan atau emosi tertentu bagi setiap penghuni. Setiap tahapannya tentu harus disesuaikan dengan ukuran kecukupan ruang dan jangan memaksakan keinginan kalau ruang sudah sangat terbatas.

Untuk panduan warnanya, William menyebut warna coklat yang mengusung elemen kayu akan membawa efek psikologis perasaan nyaman. Selain itu warna abu-abu yang menginspirasi bentuk bebatuan alami selain hijau dari warna pohon dan dedauanan akan menciptakan nuansa hangat, nyaman, dan rileks..

“Yang tidak kalah penting adalah penggunaan pencahayaan baik yang alami dari sinar matahari maupun dari produk lampu. Ruangan yang berventilasi minim dan cenderung gelap akan membuat dampak buruk yang bisa menurunkan produktifitas penghuni. Ketidakcermatan kita pada penataan yang baik ini sering kali berdampak pada prsikologis dan kesehatan memburuk yang tidak kita sadari,” imbuhnya.

housing-estate.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me