Kok Air Keran Ngalirnya Kecil? Coba Cek Ketiga Poin Ini!

Big Banner
Foto: Rumah123/iStock

Kalau mesin pompa air kamu rewel dan air yang dikeluarkannya melalui keran keciiilll… gimana ngakalinnya? Bisa jadi beberapa penyebab berikut ini yang jadi penyebabnya:

Pertama, periksa daya hisap. Menyesuaikan kekuatan pompa dengan kondisi di lapangan, harusnya jadi perhatian sejak awal pemasangan.

Sebagai contoh, sumur pada kedalaman 30 meter tetap saja bisa dipasang pompa dengan kekuatan hisap 25 meter. Tetapi, risikonya saat mesin tersebut ingin menghisap dan memaksakan untuk kedalaman 30 meter, debit air yang dihasilkannya bakal kecil. Mesin pun jadi cepat rusak.

Baca juga: Sudah Kenal Jenis-Jenis Mesin Cuci Piring Ini?

Kedua, yang mesti diperhatikan dari mesin pompa juga daya dorong air menuju saluran pipa penyuplainya dengan ketinggian tertentu. Semakin jauh atau tinggi jarak tempuh pipa suplai, maka hasil kerja pompa akan melemah.

Ketiga, cek terlebih dahulu kondisi dinamo (motor) mesin. Input tegangan listrik terlalu kecil akan membuat motor berputar di bawah RPM normal, sehingga kekuatan yang dihasilkannya tentu saja tidak maksimal.

Bagi kamu yang baru ingin mencoba memasang mesin pompa air, jangan lupa perhatikan ketiga poin di atas. Jadi, ketika pompa difungsikan tidak mengalami hambatan. (Wit)

rumah123.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me