5 Bangunan Menakjubkan di Dunia Jadi Inspirasi Arsitektur

Big Banner

JAKARTA – Bangunan bisa menjadi karya seni yang indah seperti lukisan dan patung. Bahkan bangunan-bangunan tersebut menjadi inspirasi para arsitektur untuk menciptakan sebuah bangunan indah.

Seperti dilansir dari Business Insider, Rabu (19/10/2016), beberapa arsitek diminta memberitahukan satu bangunan yang bisa menjadi inspirasi. Berikut 5 bangunan yang dinilai paling menakjubkan atau bernilai bagi arsitek.

1. Parthenon di Athena, Yunani

“Merupakan bentuk arsitektur yang indah dan klasik. Penggunaan korintus sangat terlihat pada hiasannya. Kolom dibuat dengan entasis (kurva cembung) sehingga tidak terlihat kecil dari kejauhan, ” kata pendiri arsitek Tara Imani Design Imani.

2. The National Congress of Brasil, Brasilia.

“Pada 1974, ayahku yang seorang ilmuan mengajak kami keluarganya untuk melihat kota Brasil. Menyerupai sebuah kapal, dengan gaya Corbusian atau arsitektur modern Le Corbusier, dalam bangunan tersebut juga terdapat perumahan yang sejajar, gedung-gedung pemerintah, lembaga kebudayaan, dan gereja,” kata Pemimpin dan Penanggungjawab di Equinox Design Julia Donoho.

3. The Forbidden City Temple di Beijing, China.

” Memiliki skala yang luar biasa, dan longevity of the design, struktur komplek, namun bentuknya tetap sederhana,” ujar Rosa Sheng.

“Kakek saya menjelaskan, jika arsitektur bangunan tersebut memiliki arti ‘to last beyond one’s lifetime’. Ini merupakan sebuah kapsul waktu sebuah budaya dan peradaban,” jelasnya yang juga seorang arsitektur senior di Bohlin Cywinski Jackson.

4. Bangunan The Innovation, Science, and Technology di Florida Polytechnic University Lakeland.

“Saat bekerja di Santiago Calatrava, saya adalah salah satu tim dalam proyek tersebut,” kata Marica McKeel.

“Tidak hanya karena kesukaanku mendesain bangunan tersebut, tapi lebih dari itu, ini seperti hubungan nyata antara bangunan ini dan masyarakat Lakeland. Ayah saya dibesarkan disini, dan saya masih sering mengunjunginya,” ungkap Penanggungjawab studio MM.

5. Rumah The Hubertus di Amsterdam, Belanda.

“Untuk lembaga yang melindungi wanita-wanita yang tidak dapat menikah karena alasan kesetaraan, saya pikir bangunan ini sangat menyenangkan dan bermartabat,” kata Randy Deutsch.

“Bangunan kontemporer yang berwarna-warni, dari baja, kaca, dan beton, namun tetap dibuat tradisional untuk menghormati para tetangga,” ujar penanggungjawab Deutsch Insights and an associate professor of architecture di University of Illinois at Urbana-Champaign.

property.okezone.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me