Pelayanan Publik Cepat dan Ramah Bisa Tingkatkan Investasi Properti

Big Banner

Jakarta – Dewan Pengurus Daerah (DPD) Persatuan Perusahaan Realestat Indonesia (REI) DKI Jakarta meyakini bahwa pelayanan publik yang ramah dan cepat mendorong akselerasi percepatan investasi properti di Indonesia, terutama DKI Jakarta.

Ketua DPD REI DKI Jakarta Amran Nukman mengatakan, meningkatnya kemudahan berusaha, terutama pelayanan publik di Indonesia khususnya di DKI Jakarta akan mendorong para pengusaha dan investor ramai-ramai berinvestasi dan ini dampaknya pada terciptanya lapangan kerja dan meningkatkan pertumbuhan ekonomi.

“Kita tahu bahwa industri properti adalah lokomotif perekonomian Indonesia yang jika bergerak maka terdapat 174 industri dana jasa terkait ikut bergerak. Semakin kencang industri properti melaju maka semakin kencang pula industri ikutannya bergerak,” kata Amran Nukman dalam acara Rakerda DPD REI DKI Jakarta, Selasa (18/10).

Karena itu, kata Amran, pihaknya mendorong kepada pemerintah DKI Jakarta, untuk mempermudah proses perizinan terkait pembangunan dan pengembangan properti, baik residensial maupun juga komersial yang selama ini dianggap masih menjadi kendala besar bagi developer. “Kami berharap perizinan untuk pembangunan properti harus mudah, cepat, dan murah. Kalau ini dilaksanakan secara konsisten, kami yaki iklim investasi semakin kondusif terhadap sektor properti,” kata dia.

Selama ini, kata Amran, banyak pengembang yang mengajukan izin namun prosesnya berkepanjangan bahkan ada yang mencapai lima tahun. Tentu iklim investasi seperti tidak konndusif untuk dunia usaha, terutama properti. “Terpenting Pemda DKI memberikan acuan sesuai dengan rencana tata ruang daerah, sehingga pengembang juga tidak melakukan kesalahan, bila aturan tegas,” kata dia.

Amran mengatakan, dengan adanya kemudahan dalam pelayanan publik yang ramah dan cepat industri properti dapat menyumbang 1,5 persen pertumbuhan ekonomi nasional. “Sumbangan tersebut tentu peran besar dari REI sebagai anggota dan asosiasi pengembang,” katanya.

Investor Daily

Imam Muzakir/JAS

Investor Daily

beritasatu.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me