REI: Optimistis Pasar Properti di Bali Membaik Jelang Akhir 2016

Big Banner

Bisnis.com, DENPASAR – DPD Realestat Indonesia atau REI Bali menyakini penjualan properti di Pulau Dewata menjelang akhir tahun ini akan membaik dibandingkan dengan periode sama tahun lalu.

Sekretaris DPD REI Bali Pande Agus Widura menuturkan sejumlah kebijakan seperti penyederhaan perizinan perumahan bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR), dan penurunan suku bunga acuan Bank Indonesia cukup membantu meskipun daya beli masih rendah.

“Kalau optimistis, tentu triwulan ini lebih baik dibandingkan dengan periode sama tahun lalu. Banyak faktor akan membantu meskipun untuk segmen khusus,” tuturnya kepada Bisnis, Rabu (19/10/2016).

Menurutnya, permintaan akan properti di Bali masih cukup tinggi, tetapi hanya kemampuan masyarakat untuk membeli hanya untuk properti segmen menengah ke bawah. Pande menuturkan rumah menengah atas dengan banderol harga di atas Rp1 miliar mulai susah dipasarkan dibandingkan dengan harga rumah kurang dari Rp900 miliar.

Sebelumnya, berdasarkan data Kajian ekonomi Regional Bank Indonesia, kinerja lapangan usaha real estate (PDRB) pada triwulan II/2016, hanya tumbuh sebesar 5,53% (yoy) dari triwulan sebelumnya 5,79% (yoy).

Dari jenis KPR-nya, perlambatan pertumbuhan yang terjadi pada triwulan II/2016 terjadi di hampir semua jenis KPR terutama KPA dengan tipe kecil dan tipe besar.

Masih berlanjutnya perlambatan pertumbuhan KPR di Bali menambah tekanan risiko pada pelaku usaha di bidang konstruksi perumahan dan penjualan real estate. Penjualan rumah baru yang masih rendah dapat menyebabkan tekanan pada kondisi keuangan pelaku usaha konstruksi dan real estate.

Meskipun demikian, terdapat perbaikan permintaan untuk KPA tipe sedang yang semula terkontraksi sebesar -1,35% (yoy) menjadi -0,52%(yoy).

Perbaikan tersebut salah satunya dipengaruhi oleh mulai terdapatnya optimisme dalam penjualan apartemen seiring dengan rencana relaksasi loan to value dan perkembangan pariwisata yang masih cerah.

properti.bisnis.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me