Siapa Bilang Gaji Kamu Ga Cukup Buat Beli Rumah?

Big Banner
Ilustrasi. Foto: Rmah123/iStock

Ga bisa beli rumah karena gaji kecil atau belum cukup, tak diamini oleh psikolog Roslina Verauli. Menurutnya, berapapun gaji seseorang pastinya cukup untuk beli rumah.

“Ya tentunya jangan mengkhayal gaji Rp4 juta bisa beli rumah seharga miliaran rupiah. Itu hyper reality, mimpinya  ketinggian,” kata cewek yang biasa dipanggil Vera ini.

“Kan ada rumah atau apartemen yang cicilannya satu atau dua juta per bulan. Atau ada juga yang uang mukanya bisa dicicil berapa kali gitu,” kata Vera lagi pada rumah123.com ketika dihubungi via telepon, Kamis (20/10).

baca juga: Apartemen Monroe Seharga Rp300 Jutaan Dijual Cepat Melalui Agen Properti

Ada banyak faktor yang menyebabkan seseorang tak realistis, salah satunya kata Vera karena pengaruh media sosial. Di media sosial, orang cenderung ingin menampilkan kesan dia ada di kalangan seperti yang dia bayangkan.

Yang namanya manusia, menurut psikolog ini, sebenarnya punya level adaptis yang tinggi. Kalau gaji kecil, ya pengeluarannya juga bisa dibikin kecil. Kalau bergaji besar, pengeluarannya juga bisa jadi besar.

Seharusnya sih, kata Vera, kalau gaji kamu meningkat jangan diikuti dengan perubahan standar hidup. Biasa makan di pinggir jalan waktu bergaji Rp2 juta, ketika gaji menjadi Rp4 juta ya jangan lalu makannya jadi berubah di mal.

“Kalau terus begitu, ya memang gak ada uang yang bisa ditabung. Apalagi untuk bisa beli properti,” kata Vera yang membuka praktik konsultasi psikologi di Wisma BNI 46 dan di Pondok Indah ini.

Baca juga: Ada Marilyn Monroe di Apartemen Ini Loh…

Menurutnya, kalau gaji masih kecil, ya beli rumah atau apartemen yang kecil. Kalau gaji bertambah ya bolehlah melirik hunian yang lebih besar.

Hal tersebut dialaminya sendiri. Dia memulai investasi properti dari membeli apartemen yang harganya ratusan juta rupiah. Setelah beberapa tahun kemudian dia jual lagi dengan harga miliaran rupiah.

Harga meningkat yang didapatkannya itu lalu dia belikan apartemen yang lebih besar lagi. Hingga kini dia punya lima apartemen yang besar-besar dan di antaranya ada yang dia sewakan.

“Saya bisa beli apartemen lebih besar bukan dari hasil kerja sebagai psikolog. Tapi, dari hasil investasi properti. Beli properti sekarang, tiga atau lima tahun nanti saya jual lagi. Begitu seterusnya,” katanya menjelaskan cara dia bisa punya apartemen banyak.

Baca juga: Gaya Hidup Hedon Bikin Anak Muda Susah Punya Rumah?

“Jadi enggaklah kalau orang bilang gak bisa beli rumah karena gaji masih kecil. Yang ada, pemahamannya belum matang tentang nilai uang,” kata Vera menegaskan.

Soal pemahaman nilai uang pada anak muda, diakuinya banyak pihak yang berperan. Di antaranya orangtua. Orangtua merupakan guru pertama anak. Bagaimana cara orangtua bersikap dan membelanjakan uang akan diserap anaknya.

“Kalau orangtua gampang saja mengeluarkan uang, cenderung hedon ya anak juga jadi hedon. Gak pernah berpikir panjang bahwa nilai uang bisa ditingkatkan di masa depan dengan cara-cara tertentu semisal dengan membeli properti,” kata Vera yang juga menjadi Dosen terbang di Universitas Padjadjaran ini .

rumah123.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me