Synthesis Pasarkan Apartemen Berfasilitas Hotel

Big Banner

JAKARTA, KOMPAS.com – Saat pertama kali meluncurkan apartemen Samara Suites, di Gatot Subroto, Jakarta, Synthesis Development sempat berencana untuk membangun hotel sebagai fasilitas tambahan.

Namun, Synthesis berubah pikiran dan mengubah konsep Samara Suites menjadi apartemen dengan fasilitas seperti hotel.

Pasalnya, kebutuhan hotel di koridor tersebut juga sudah terpenuhi. Hotel yang sudah ada di koridor ini misalnya Four Seasons.

“Samara itu konsepnya baru, antara conventional apartment dengan service apartment. Jadi Samara ini apartemen dengan fleksibilitas hotel,” ujar Managing Director Synthesis Square Julius Warouw kepada Kompas.com di Synthesis Tower, Jakarta, Kamis (20/10/2016).

Ia menjelaskan, konsep ini memungkinkan penghuni bisa menyewa secara tahunan tapi tidak membayar pada awal transaksi.

Dengan kata lain, penghuni bisa menyepakati kontrak sewa setahun namun membayar secara bulanan. Hal ini dilakukan Synthesis untuk meraih pasar seluas-luasnya, misalnya pasar orang asing.

“Seperti kita tahu, tenaga kerja asing hanya bekerja secara kontrak 4-6 bulan di Indonesia. Bgmn dia mau sewa 1 tahun?” kata Julius.

Cara ini bisa menyasar investor ataupun penghuni. Selain itu, Julius mengatakan, keuntungan lainnya adalah meski konsep ini terlihat seperti hotel, apartemen sewa, atau kondotel, nyatanya berbeda.

“Kalau itu, operatornya beroperasi base on business. Jadi operator menerapkan sistem charge yang dibebankan ke pemilik,” tutur Julius.

Sementara konsep Samara Suites, hanya menjadi layanan tambahan dari pengembang. Artinya, pemilik atau konsumen tidak mendapat tambahan biaya.

Adapun hingga saat ini, jumlah unit Samara Suites yang terjual ada 190 unit dari total 292 unit. Harganya saat ini dibanderol Rp 35 juta per meter persegi.

Tipe unitnya antara lain 1 kamar tidur seluas 45 meter persegi, 2 kamar tidur 65 meter persegi dan 79 meter persegi, serta 3 kamar tidur 104 meter persegi.

Selain itu, Samara Suites juga menyediakan tipe suites seluas 170 meter persegi.

–– ADVERTISEMENT ––

properti.kompas.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me