Balitbang Siapkan Teknologi Percepat Infrastruktur Ketahanan Pangan

Big Banner

BANDUNG, KOMPAS.com – Untuk mendukung sektor ketahanan air dan pangan, Direktorat Jenderal (Ditjen) Sumber Daya Air (SDA) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mencanangkan pembangunan 49 bendungan atau waduk dan satu juta saluran irigasi baru.

Hingga 2015 silam, Ditjen SDA telah membangun 13 waduk baru, melanjutkan pembangunan 16 waduk, dan menyelesaikan sebanyak 5 waduk serta membangun jaringan irigasi baru seluas 182.000 hektar.

Adapun lima bendungan yang berhasil diselesaikan pada 2015 kemarin adalah Bajul Mati, Nipah, Jatigede, Titab, dan Rajui.

Sedangkan tahun ini Ditjen SDA memulai pembangunan 8 bendungan baru, antara lain Bendungan Rotiklod di perbatasan NTT, serta 2 bendungan lagi akan diresmikan, yakni Bendungan Paya Seunara dan Marangkayu.

Demi dapat merealisasikan itu semua, Badan Penelitian dan Pengembangang (Balitbang) Kementerian PUPR akan membantu Ditjen SDA untuk bisa mempercepatnya dengan menggunakan teknologi-teknologi terbaru.

“Dari Balitbang, kami siapkan teknologi-teknologi untuk program kerja SDA dengan alat penguji bendungan dan saluran irigasi sebelum digunakan serta menentukan irigasi efektif untuk tiap daerah,” kata Kepala Balitbang Kementerian PUPR Danis Hidayat Sumadilaga, di Bandung, Rabu (26/10/2016).

Hingga Agustus 2016, Ditjen SDA menyerap keuangan sebesar 43,73 persen atau sebanyak Rp 12,54 triliun dari total anggaran yang diberikan yakni Rp 28,68 triliun.

Untuk 2017 nanti, Ditjen SDA bakal memperoleh anggaran sebanyak Rp 33,263 triliun dari total pagu anggaran Kementerian PUPR sebesar Rp 101,496 triliun.

Anggaran tersebut akan digunakan untuk pembangunan dan peningkatan sarana dan prasarana pengelolaan air baku sebesar 4,18 meter kubik per detik dan pembangunan sarana dan prasarana pengendali banjir seluas 154 kilometer.

Selain itu, bidang kedaulatan pangan juga mencakup pembangunan dan peningkatan sarana dan prasarana pengamanan pantai seluas 21 kilometer.

Kemudian rehabilitasi jaringan irigasi seluas 274.000 hektar, 39 bendungan (9 baru dan 30 lanjutan), membangun 105 embung-embung, serta 81.000 pembangunan jaringan irigasi.

–– ADVERTISEMENT ––

properti.kompas.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me