Kementerian PUPR Siapkan Aturan Metode Design and Build

Big Banner

Bandung, mpi-update. Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) saat ini sedang menyiapkan aturan Metode Rancang Bangun (Design and Build) pada pekerjaan konstruksi. Design and Build adalah salah bentuk inovasi yang gencar diterapkan pada pekerjaan Konstruksi bidang PUPR, karena dapat meningkatkan efesiensi waktu dan biaya.

“Pelaksanaan Design and Build harus sangat dipersiapkan dengan matang dan perlu kesiapan, Direktorat Jenderal Bina Konstruksi Kementerian PUPR saat ini sedang membuat aturan yang lebih detail mengenai metode ini,” ujar Direktur Jenderal Bina Konstruksi, Yusid Toyib di Bandung, Rabu (26/10) seperti dikutip di situs resmi PUPR.

Dengan Metode Design and Build, efesiensi biaya dihasilkan karena para kontraktor dan desainer bekerjasama selama dan sepanjang proses pelaksanaan proyek, dan perubahan yang sering muncul karena perubahan yang datang dari pihak pengguna jasa.

Memilih metode Project Delivery Design and Build harus bisa memahami tentang karakter dasar proyek yang akan dikerjakan, seperti latar belakang proyek dan kompleksitas yang dihadapi, tingkat kesiapan sumber daya manusia (SDM) maupun kesiapan finansial dan kesiapan operasi. Disamping itu dalam proses pengadaannya dengan mengunakan metode ini harus memberikan waktu yang cukup kepada penyedia jasa untuk menyiapkan segala dokumen penawarannya, yang antara lain digunakan untuk data penyelidikan lahan tanah yang akan dilaksanakan tahap pengerjaan.

“Pengguna dan penyedia jasa harus cermat dalam menentukan bagian pekerjaan yang berpotensi dalam kategori Unforeseen, sehingga nantinya ketepatan dalam tahap pelaksanaan pembayaran pada bagian proyek pekerjaan dapat dicapai,” kata Yusid.

Pada kesempatan tersebut, Yusid berharap seminar ini dapat dimanfaatkan untuk menggali informasi dari para narasumber dan tentunya bisa dimanfaatkan sebagai forum diskusi antara peserta, dan menyempurnakan proses dan produk pengaturan pekerjaan konstruksi dengan metode Design and Buid.

mpi-update.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me