Sebuah Kesempurnaan dalam Paduan Konsep Bali Modern

Big Banner

Bali memang selalu menawarkan keindahan yang luar biasa, tidak hanya tarian dan pantainya saja. Tetapi juga budaya, termasuk konsep interior rumah yang saat ini ba nyak dipilih oleh masyarakat.

Sudah jamak bahwa Bali sangat terkenal dengan seninya, mulai dari seni pahat, patung, ukir, lukisan dan lain sebagainya. Rumah gaya Bali modern juga merupakan salah satu hal menarik yang ada di Bali. Inilah yang membuat Bali menjadi tempat wisata yang sangat disukai oleh wisatawan baik dalam negeri ataupun mancanegara.

Rumah gaya Bali modern saat ini sedang banyak dipilih, ini karena rumah dengan gaya Bali modern ini sangat indah dan menawan. Bukan hanya diminati orang Indonesia saja, bahkan diluar negeri banyak masyarakat menerapkan desain rumah tradisional gaya Bali pada hunian mereka.

Saat ini, rumah gaya Bali semakin bervariatif dan modern, Anda tidak perlu khawatir desain rumah ini akan terlihat kuno atau ketinggalan jaman. Sejalan dengan berkembangnya desain asitektur rumah, rumah gaya tradisional Bali tersebut juga banyak di modifikasi oleh para arsitek seperti di perpadukan antara rumah tradisional Bali dengan rumah minimalis modern.

Salah satu contohnya adalah Show Unit Mozia di BSD City. Gaya interior Bali yang dikombinasikan dengan gaya minimalis mengakomodir kemudahan bergerak di dalam ruangan. Gaya ini cocok untuk mereka yang beraktivitas tinggi layaknya masyarakat modern.

Yohanes Prasidha Agus, Product Development/Architect dari BSD City mengatakan layout harus dibuat agar konsumen mudah berjalan di dalam. Desain interior yang diterapkan pada show unit juga harus mampu menjawab kebutuhan konsumen dalam membeli rumah di The Mozia. “Yaitu hunian yang simple, nyaman, dan fungsional,” tuturnya.

Hal ini sesuai dengan konsep awal BSD City untuk pengembangan Monzia, yaitu lingkungan hijau dan modern yang dirancang khusus untuk memberikan kesan artistik sekaligus elegan. Konsep Asian Modern Tropical yang disajikan, memadukan beragam aspek modern, natural, dan unsur etnik dari arsitektur Indonesia.

Dalam membuat rumah contoh ini, jelas Yohanes, konsep utamanya adalah kemudahannya untuk dijangkau oleh calon konsumen. Selain lokasi, kemudahan mereka dalam melihat rumah contoh ini juga harus diakomodasi. Karenanya BSD City memilih gaya Bali Modern yang dinilai cocok dengan konsep yang ingin diusung.

“Desain tampak rumah dan layout penataan ruang yang efisien di mana dimensi-dimensi ruang telah dipertimbangkan dengan baik, yang membuat penataan furnitur sangat efisien. Sebagai patokan utama, dimensi-dimensi furnitur harus disesuaikan dengan tipe rumah. Untuk tipe rumah kecil, dimensi furnitur dan model furnitur jangan terlalu berat,” kata Yohanes.

Ditambah dengan pemilihan warna tampak yang disesuaikan dengan konsep bangunan yang memakai tema nuansa Bali Modern, warna “earth colour”, seperti krim, coklat, abu-abu dan putih Suasana alami dalam ruangan terlihat mendominasi. Patut untuk diketahui, suasana alami mampu menciptakan kesan tenang, kesan rileks serta mampu menjadi stimultant untuk relaksasi bagi otak manusia.

Seperti terlihat di ruangan utama yang merupakan penggabungan dari ruang keluarga dan ruang makan. Penggunaan perabotan telah diperhitungkan sehingga terlihat penuh namun cukup lega untuk beraktivitas. Banyaknya unsur kayu, baik dalam perabotan maupun di dinding utama membuat suasana Bali yang alami mendominasi ruangan.

Desain modern dan unik dari perabotan yang ada, selain melain terlihat indah, juga memberikan nuansa santai yang diinginkan dalam sebuah tempat beristirahat. Sofa berwarna abu-abu di pusat ruangan dan karpet putih yang terlihat empuk semakin menegaskan nuansa tersebut.

Di bagian ruang makan yang menempel dengan dapur, perpaduan kabinet kayu berwarna alami kayu dan putih terlihat cantik. Ditambah dengan lambu gantung modern yang unik, unsur artistiknya terlihat maksimal Masuk ke kamar tidur utama, unsur kayu masih mendominasi. Rak hias, lemari dan meja ranjang kayu berwarna coklat muda terlihat segar dipadukan dengan seprei putih tempat tidur.

Dikombinasikan dengan furnitur lain berwarna putih, seperti sepasang lampu tidur, bantal dan seprei, nuansa alami terpancar dan langsung memberikan rasa rileks. Penggunaan kaca cermin yang banyak serta besar membuat ruangan ini terlihat lebih lega, meskipun perabotan yang dimasukkan jumlahnya cukup besar.

Dinding dengan motif kayu menambah suasana alami, membuat suasana rileks dan cocok untuk beristirahat. Bagi yang ingin memiliki suasana yang lebih cerah, bisa juga dengan membuat dinding berwarna putih bersih. Ruangan jadi terlihat bersih dan enak dipandang.

Sementara itu, kamar tidur anak dibuat dengan lebih modern. Perabotan yang disematkan bentuknya modern dan warnanya lebih bervariasi dan kontras. Suasana ceria yang terpancar sangat sesuai untuk tumbuh kembang anak.

Jika tempat lain warna yang terlihat dominan adalah warna coklat kayu, di ruangan ini warna krim mendominasi. Dari mulai tembok dan tempat tidur, dengan garis-garis hitam terlihat cerah dan tegas. Karena karakteristik warna krim yang cocok dengan dipadukan dengan beragam warna, lemari dan meja kayu yang disematkan terlihat saling mengisi dengan keseluruhan ruangan.

mpi-update.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me