Fakta mengejutkan tentang penggunaan AC (air conditioner)

Big Banner

Tak hanya digunakan sebagai pelengkap rumah , ternyata saat ini AC menjadi sebuah kebutuhan dalam rumah. Faktanya mayoritas masyarakat sudah menggunakan AC terutama untuk ruang tidur dalam rumah.Pada faktanya ada beberapa penelitian yang menganggap bahwa penggunaan AC memiliki dampak yang kurang baik untuk kesehatan

Secara medis, AC membuat tubuh kita kekurangan air atau hipotermia. Bahkan yang paling parah adalah jika tingkat kejenuhan karbon dioksida terus meningkat dan terjadi penurunan oksigen Hal ini bisa menyebabkan kematian pada sesorang

Setidaknya ada beberapa gangguan kesehatan fatal yang disebabkan karena seringnya menggunakan ruangan ber AC , diantaranya :

 

kekebalan tubuh menurun 

Kita tahu bahwa sel-sel imun dalam tubuh kita akan sangat berperan aktif ketika kita berada di dalam kondisi udara yang lembab. Sel-sel imun akan bekerja semakin efektif untuk membunuh virus dan bakteri saat kondisi lembab. Namun sayangnya AC yang memiliki kandungan humfilder justru membuat kondisi udara menjadi kering. Hal Ini justru akan mengancam sistem pertahanan alami tubuh kita.

 

Leher tengeng

Penyakit yang disebut tortikolis atau orang Indonesia menyebutnya sakit salah bantal ini bisa di deteksi saat kita bangun tidur. Penderita akan merasa nyeri di leher dan sakit saat menoleh ke salah satu sisi antara kanan atau kiri. Jika dipaksakan maka akan terasa nyeri hebat seperti kesetrum. Tidur dalam kondisi dingin dapat memicu kondisi leher tengeng saat bangun tidur. Jika sudah begini, salah satu penyembuhan adalah dengan memberikan suntikan pada leher dan memberikan obat anti radang.

 

Mudah lelah

Kita juga berpotensi menjadi mudah lelah dikarenakan saat kita berada di ruangan berAC kita kurang menghirup udara segar alami. Saat terlalu lama di dalam ruangan bahaya AC pada sebagian orang, akan merasakan mual, gangguan syaraf, juga disertai sakit kepala, bahkan hingga merasa depresi.

 

Nyeri sendi dan otot

Suatu penelitian menyebutkan bahwa Suhu AC yang kelewat dingin akan mempengaruhi  viscositas dari joint fluids. Tingkat suhu yang ekstrim ini akan mempengaruhi cairan lubrikasi di dalam sendi-sendi jadi berkurang. Hal itulah yang akan menyebabkan persendian kita mudah sekali terasa nyeri.

 

Ancaman tertular penyakit

Minimnya sirkulasi udara di dalam ruangan ber AC dapat menyebabkan potenis penularan virus, bakteri, dan kuman lebih besar terjadi antar satu orang dengan orang lainnya yang sama-sama berada di ruangan tersebut. Oleh karena itu, jika dalam satu ruangan ber-AC dengan orang yang sedang sakit menular, maka akan berpotensi untuk terkena penyakit menular.

 

Gangguan kehamilan

Banyak pakar yang berpendapat bahwa seorang  ibu hamil yang terlalu lama berada di ruangan ber-AC maka akan mengalami gangguan kehamilan. Hal itu disebabkan oleh adanya senyawa phthalates yang di berdampak pada kondisi janin yang berpotensi lahir cacat.

infoproperti.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me