Enam Faktor yang Bikin Properti Hunian Moncer

Big Banner

JAKARTA – Analis properti Arsito Bangun Selaras, Torushon Simanungkalit, mengatakan, segmen hunian masih menjadi penyumbang terbesar pasar properti di Tanah Air, termasuk pada 2017. Ada enam faktor yang membuat segmen hunian tetap moncer pada 2017.

Untuk 2017, kata dia, segmen hunian yang mencakup apartemen dan perumahan tapak, berkontribusi 55,8% terhadap total kapitalisasi properti nasional.

“Laju pertumbuhan nilai kapitalisasi sektor hunian mencapai 16,5% yakni dari Rp 152,7 triliun menjadi Rp 177,9 triliun pada 2017,” prediksi dia, kepada Investor Daily, baru-baru ini.

Torushon mengatakan, masih tingginya pasar hunian dipicu oleh berbagai faktor. Pertama, rendahnya suku bunga kredit akan mendorong konsumen membeli rumah atau apartemen terutama apartemen menengah ke bawah. Kedua, setelah hampir dua tahun properti lesu sehingga tahun 2017 konsumen akan mulai melakukan pembelian yang tertunda terutama di kalangan end user.

Ketiga, backlog sangat besar sehingga menjadi potensi bagi pengembang seiring dengan semakin konsennya pemerintah untuk membenahi segmen ini,” tutur dia.

Lalu, keempat, 2017 adalah saat yang tepat untuk membeli hunian, time to buy karena suku bunga yang sangat menarik untuk membeli hunian. Kelima, banyaknya gimmick marketing oleh pengembang untuk memudahkan konsumen membelikan pembelian hunian.

Keenam, down payment yang makin terjangkau konsumen dan juga segmen harga hunian yang disesuaikan pengembang dengan kondisi pasar,” tutur Torushon.

Investor Daily

Edo Rusyanto/EDO

Investor Daily

beritasatu.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me