Sepanjang Juli-September, Jakarta Tambah 3.317 Apartemen

Big Banner

JAKARTA, KOMPAS.com – Meski sektor properti dikatakan tengah menurun, ribuan unit apartemen terus merangsek di Jakarta.

Dalam penyelesaian enam proyek apartemen baru, kontribusi tambahan apartemen pada kuartal III/2016 atau Juli-September tercatat sebanyak 3.317 unit.

Berdasarkan penelitian pasar yang dilakukan Colliers, jumlah ini meningkatkan total stok apartemen strata-title di Jakarta menjadi 171.014 unit atau naik 12,2 persen tahun ke tahun.

Semua proyek baru selesai adalah ekstensi dari proyek yang ada. Dari enam proyek tersebut di atas, tiga di antaranya masuk kategori sebagai proyek segmen ke bawah, termasuk The Green Pramuka (Scarlet Tower), Sentra Timur Residence (Tosca Tower) dan Teluk Intan (Saphire Tower).

Sementara itu, Bassura City (Cattleya Tower) dan Woodland Park (Mahogany Tower) proyek dikelompokkan sebagai proyek segmen menengah ke bawah.

La Venue (North Tower), yang terletak di Pasar Minggu, Jakarta Selatan, adalah satu-satunya proyek apartemen menengah atas akan selesai pada kuartal ini.

Secara keseluruhan, sampai kuarta III 2016, sebanyak 14.107 unit atau 53,1 persen dari total proyeksi 26.583 unit akan selesai dan diserahkan tahun ini.

Adapun untuk rinciannya, The Green Pramuka menyumbang 1.000 unit, Bassura City 600 unit, Sentra Timur Residence 146 unit, La Venue 253 unit, Woodland PArk 218 unit, dan Teluk Intan Apartement 1.100 unit.

Pada kuartal III/2016, total 1.799 unit apartemen dari tiga proyek diluncurkan. Jumlah ini menunjukkan penurunan 25 persen dalam dari total proyek yang diluncurkan di kuartal sebelumnya.

Jakarta Selatan dan Barat terus memberikan kontribusi pasokan apartemen selama tiga tahun ke depan.

Jakarta Selatan contohnya, akan memiliki proyek kelas menengah dari Permata Hijau Suites, yang terdiri dari 649 unit dari dua menara.

Apartemen ini menyediakan satu kamar tidur sampai tiga kamar tidur, mulai dari 40,9 meter persegi sampai 91,7 meter persegi.

properti.kompas.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me