Tips Dapur : Cara merawat talenan kayu agar bebas jamur

Infoproperti.com – Talenan merupakan salah satu barang yang harus ada di dapur. Dengan alat ini akan semakin memudahkan para ibu rumah tangga dalam memotong atau mencincang bahan masakan seperti sayur atau daging. Ada dua jenis telaena yang biasa digunakan yaitu talenan kayu dan juga plastik. Untuk talenan kayu biasanya lebih membutuhkan perawatan ekstra, karena kayu lebih mudah ditumbuhi bakteri dan juga jamur. Untuk itu perhatikan cara perawatannya berikut ini ya

Segera dibersihkan

Menurut sebuah penelitian membersihkan talenan setelah digunakan dapat meminimalisir pertumbuhkan bakteri. Untuk itu pastikan untuk segera membersihkan talenan ya.

Bersihkan dengan cuka

Untuk mengatasi bakteri dan jamur yang ada di talenan kamu juga bisa menggunakan cuka. Oleskan cuka ke talenan kayu setelah itu diamkan selama kurang lebih 15 menit setelah itu kamu bisa membilasnya dan menjemur di bawah sinar matahari. Selain berguna untuk mengatasi pertumbuhan bakeri dan jamur, cuka juga ampuh menghilangkan bau yang ada di talenan.

Selain menggunakan cuka, kamu juga bisa membersihkan talenan menggunakan jeruk lemon dan garam. Peras lemon di atas talenan setelah itu taburkan garam di atasnya. Jika sudah kamu bisa menggosoknya dengan menggunakan bagian spon yang kasar. Diamkan beberapa menit lalu bilas dengan air mengalir.

Cara penyimpanan

Agar talenan bebas jamur, pastikan untuk selalu menyimpannya di tempat yang kering. Udara yang lembab dapat memudahkan telanen ditumbuhi jamur.

Bungkus dengan plastik

Jika talenan di rumah jarang digunakan, akan lebih baik untuk menyimpannya di dalam plastik, dengan begitu talenan bebas dari udara lembab dan jamur.

 

infoproperti.com