Shanghai Tower, Pencakar Langit Terbaik Dunia

Big Banner

CHICAGO, KOMPAS.com – Shanghai Tower, terpilih menjadi pencakar langit terbaik di dunia atau “The Best Tall Building Worldwide 2016”.

Anugerah terbaik tersebut digelar saat acara puncak Council on Tall Builddings and Urban Habitat Awards (CTBUH Awards) ke-15 di Illinois Institute of Technology, Chicago, Amerika Serikat, Kamis (3/11/2016).

 Sementara gelar gedung jangkung terbaik wilayah Amerika jatuh kepada VIA 57 West. Di Eropa, The White Walls tampil sebagai jawara, menyusul The Cube yang mewakili gedung tinggi terbaik untuk wilayah Timur Tengah dan Afrika.

Keputusan akhir Dewan Juri merupakan klimaks dari proses seleksi panjang selama setahun untuk menilai 132 gedung dari 27 negara di seluruh dunia.

Dewan juri terkesan dengan Shanghai Tower karena ikonik, desainnya inovatif yang dibalut arsitektur tradisional China, shikumen.

Gaya rumah vernakuler yang diadopsi, menggabungkan atrium bertingkat yang menakjubkan antara façade berkulit ganda yang menyelubungi struktur gedung.

Selain itu, Shanghai Tower juga merupakan gedung berkelanjutan yang berorientasi pada manusia, sehingga dewan juri menganggap Shanghai Tower merupakan puncak dari desain gedung pencakar langit yang progresif.

Direktur Eksekutif CTBUH yang juga anggota dewan juri, Antony Wood, menuturkan façade berkulit ganda Shanghai Tower sangat unik dan luar biasa. Atriumnya pun inovatif. Dua faktor ini yang sangat menentukan dalam keputusan dewan juri.

Menurut Antony, Shanghai Tower menunjukkan komitmen terbesar untuk ruang komunal di gedung tinggi sejak Commerzbank Tower pada 1997.

“Ini tidak hanya luar biasa bagi tumbuhnya tanaman hijau, melainkan juga penggabungan ke dalam strategi ventilasi gedung secara keseluruhan,” ujar dia.

Untuk mengalokasikan ruang bagi tanaman hijau dan ventilasi gedung, pemilik Shanghai Tower mengorbankan luas lantai yang potensial dijual untuk memudahkan kegiatan sosia.

“Hal ini membuktikan bahwa aspirasi untuk Shanghai Tower jauh melampaui keuntungan komersial belaka,” cetus Antony.

General Manager Shanghai Tower Construction & Development, Jianping Gu, mengatakan keberhasilan proyeknya menjadi yang terbaik hanya mungkin terjadi melalui kolaborasi seluruh pihak yang terus-menerus mengejar standar yang tinggi demi merampungkan gedung jangkung ini.

Shanghai Tower menjulang 632 meter yang mencakup 128 lantai. Ketinggian struktur ini menjadikannya sebagai bangunan tertinggi kedua di dunia setelah Burj Khalifa di Dubai dengan 828 meter.

 

properti.kompas.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me