Antisipasi Banjir, Ini Persiapan Pemerintah

Big Banner

JAKARTA, KOMPAS.com – Memasuki musim penghujan, pemerintah melakukan langkah-langkah persiapan untuk menanggulangi banjir yang terjadi di berbagai daerah di Indonesia.

Direktorat Jenderal Sumber Daya Air (Ditjen SDA) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) telah menyiapkan sejumlah peralatan berat yang tersebar di 33 Balai Sungai di Indonesia

“Semua sudah tersebar. Kalau kurang, kita bisa ambil di wilayah sungai setempat,” ujar Direktur Jenderal SDA Imam Santoso saat diskusi media di Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Jakarta, Jumat (4/11/2016).

Peralatan yang siap dipergunakan jika sewaktu-waktu terjadi banjir adalah ekskavator sebanyak 101 unit, ekskavator amfibi 46 unit, dump truck 93 unit, mobile pump 44 unit, trailer truck 22 unit, mobile lighting tower 13 unit, dan perahu karet 195 unit.

Selain itu, pemerintah juga menyiapkan material penahan “banjiran” seperti 5.500 bronjong, 7.250 bag woven ukuran jumbo, 780 geobag ukuran 1,45×2,35 meter, dan 6.000 geobag ukuran 1×1,35 meter. Material “banjiran” ini berada di gudang Bekasi, Kalimalang, dan Porong.

Sementara itu, persiapan non-struktural lain yang dilakukan adalah pemantauan peta prediksi banjir, dan pemantauan volume retensi banjir yakni pada bendungan-bendungan yang sudah dibangun.

Adapun per tanggal 3 November, untuk kota-kota di Jawa khususnya di pantai utara, berstatus sangat rawan banjir.

properti.kompas.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me