AC Ga Dingin, Mungkin Ini Solusinya!

Big Banner
Foto: Rumah123/iStock

Kamu mungkin ga bisa menghindar dari penggunaan Air Conditioner (AC). Bisa dimaklumi karena negeri kita beriklim tropis, sehingga AC jadi kebutuhan.

Agar AC tetap berfungsi dan awet, tentu saja kamu harus merawatnya secara berkala. Mungkin kamu biasa menggunakan jasa servis AC.

Akan tetapi, sebenarnya cara membersihkan alat pendingin itu ga susah kok. Kamu bisa lakukan sendiri tanpa harus memanggil jasa servis pembersih AC. Kecuali kalau AC-mu mengalami kerusakkan pada mesin.

Baca juga: 5 Langkah yang Bisa Bikin Kulkasmu Awet

Pertama, kamu harus membuka filter, kemudian lepaskan dari bagian AC. Gunakan lap yang sudah dibasahi, begitu juga dengan spons. Lebih mudah lagi kalau menggunakan vacum cleaner, kemudian filter disiram atau direndam dalam ember.

Baca juga: Sudah Bersihkan Kulkasmu?

Jika filter AC sudah menumpuk debu, suhu ruangan tidak akan terasa dingin. Usahakan filter AC dibersihkan minimal dua minggu sekali. Untuk bagian luarnya bersihkan setiap hari agar tidak debu yang menempel gak tebal.

Supaya AC kamu tetap awet, gunakan timer yang menyesuaikan untuk penggunaan berapa lama. Jangan langsung dipaksakan pada suhu terendah. Pendinginan ruangan membutuhkan proses agar mesin AC kamu tidak cepat rusak. (Wit)

 

rumah123.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me