Jasa Marga Rencanakan Sekuritisasi Aset Tol

Big Banner

JAKARTA, KOMPAS.com – PT Jasa Marga (Persero) Tbk menyambut baik himbauan Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk melakukan sekuritisasi aset jalan tol yang dimilikinya.

Baca: Jokowi Minta BUMN Lepas Aset Jalan Tol

Pihak perseroan pun mengaku telah menyiapkan rencana untuk pelepasan aset jalan tolnya ke pihak swasta meski belum ditentukan jalan tol mana yang bakal dilepas.

“Sekuritisasi aset ini dilakukan untuk yang sudah menguntungkan cashflow-nya dan itu ada di tol-tol Jakarta. Jalan-jalan tol itu entitasnya bukan entitas badan usaha jalan tol (BUJT) sekarang, karena dulu diperoleh saat Jasa Marga masih jadi operator,” jelas Direktur Utama Jasa Marga Desi Arryani, di Jakarta, Rabu (8/11/2016).

Oleh sebab itu, Desi menyatakan bahwa pihaknya akan melakukan spin off atau pengubahan cabang-cabang pengelola tol-tol Jasa Marga menjadi PT atau anak usaha Jasa Marga.

Proses perubahan tersebut diakui Desi bakal memakan waktu lama sehingga sekuritisasi aset ini tidak akan berlangsung dalam waktu dekat.

Meski begitu, Desi enggan menyebutkan tol-tol mana saja yang akan dilepas dan hanya menyebutkan Tol Jagorawi sebagai salah satu yang akan di-spin off.

“Untuk tol yang konsesi masih belum tapi dalam sekuritisasi ini kami akan melepas tol yang sahamnya minoritas dan mengurangi yang mayoritas sampai minimal 51 persen. Jadi saham-saham tol yang 90 persen akan kami kurangi sehingga akan meningkatkan kemampuan uang perseroan,” pungkasnya.

properti.kompas.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me