Ini Alasan Orang Berkocek Tebal Pilih Apartemen Ketimbang Rumah

JAKARTA, KOMPAS.com – Gaya hidup tinggal di apartemen tentu berbeda dibandingkan di rumah.

Di apartemen, orang perlu menaiki lift untuk mencapai unitnya. Sementara di rumah, penghuni tidak butuh waktu lama untuk mencapai kamar tidur.

Meski demikian, keterbatasan lahan memaksa para penduduk di kota-kota besar untuk tinggal di hunian vertikal.

Namun, seiring berubahnya kebutuhan masyarakat, tinggal di apartemen tidak lagi menjadi hal yang tabu.

Contohnya apartemen premium Wang Residence di Jakarta Barat yang penjualannya sudah 70 persen.

Menurut Managing Director Wang Residence Simon Kurniawan, unit yang banyak terjual di Wang Residence justru yang berukuran besar dengan harga fantastis.

“Kenapa mereka mau beli mahal-mahal, pertama ke depannya mereka ingin hidup yang lebih praktis. Sekarang orang lebih suka traveling, misalnya saat Lebaran ditambah pembantu ngga ada,” ujar Simon kepada Kompas.com di salah satu show unit Wang Residence, Minggu (13/11/2016).

Simon menambahkan, tinggal di apartemen juga berarti keamanan lebih terjamin dibandingkan di rumah.

Menurut dia, saat harus meninggalkan unit, penghuni tinggal mengunci apartemen saja dan menyerahkan keamanan sepenuhnya kepada pengelola.

Selain keamanan, alasan lain penghuni berkocek tebal memilih apartemen dibanding rumah adalah karena kelengkapan fasilitas.

“Kalau di rumah pengen punya gym, kolam renang, spa, ruang nonton, tanah paling tidak harus 1.000 meter. Di sini beli unit mahal sih bisa Rp 8 miliar-Rp 9 miliar. Tapi, kalau beli rumah, yang punya semua itu, tanah Rp 20 juta untuk 1.000 meter di Jakarta udah ngga ada,” jelas Simon.

Karena menyadari kebutuhan apartemen tersebut untuk orang tinggal, pihaknya menambah fasilitas spesial seperti kolam renang dalam ruangan.

Menurut Simon, fasilitas ini jarang ditemukan di apartemen lain. Selain tertutup, kolam renang ini juga dialiri air hangat.

Interior unit Wang Residence.

“Misalnya, bapak-ibu kerja pulang kerja sudah malam, kalau berenang di luar bisa encok besoknya. Kalau di indoor, kolamnya hangat,” tutur Simon.

Fasilitas lainnya adalah ruang spa. Ia menjelaskan, fasilitas ini sangat berguna bagi para penghuni dengan aktivitas tinggi dan ingin merasakan spa.

Dengan konsep hotel, penghuni yang ingin menikmati spa hanya tinggal menelepon ke petugas dan memesan jasa spa.

Tidak hanya spa, Wang Residence juga menyediakan gym.

“Penghuni rumah misalnya pulang kerja kalau mau ke gym, menyetir ke malnya saja sudah berapa lama. Di sini, penghuni bisa langsung turun ke bawah,” tandas Simon.

properti.kompas.com