2020, Semua Kota Kita Bebas Kumuh?

Big Banner
Ilustrasi. Foto: Rumah123/iStock

Program Infrastruktur Berbasis Masyarakat (IBM) di Bantul, Yogyakarta, merupakan gerakan “Kota tanpa Kumuh” (Kotaku). Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) meluncurkan program prioritas yang butuh dana Rp10 triliun ini pada Selasa (15/11).

Direktur Jenderal (Dirjen) Cipta Karya Kementerian PUPR, Sri Hartoyo, mengatakan, dengan Gerakan Kotaku, kawasan kumuh di 34 provinsi yang tersebar di 269 kota/kabupaten dan 11.076 kelurahan/desa seluas 23.656 hektar akan diatasi mulai tahun ini hingga 2020.

Baca juga: Indahnya Terowongan Penyeberangan di Kawasan Kota

“Jadi, Program Kotaku ini untuk mendukung gerakan 100-0-100 di perkotaan dengan tahun pelaksanaan 2016 sampai dengan 2020. Tujuannya, meningkatkan akses terhadap infrastruktur dan pelayanan dasar di permukiman kumuh perkotaan,” ujarnya.

Menurutnya, lingkup kegiatan ini sangat komprehensif, mulai dari penyiapan kelembagaan, strategi dan kebijakan, peningkatan kapasitas pemerintah daerah, serta masyarakat.

Baca juga: Hari Kota Dunia, Yuk! Mari! Peringati Pembangunan Kota!

Selain itu, peningkatan kualitas infrastruktur dan pelayanan perkotaan di kawasan kumuh, dukungan pelaksanaan, bantuan teknis, serta dukungan untuk kondisi darurat bencana.

“Dalam program ini (Kotaku) di samping memperbaiki yang sudah kumuh-kumuh itu, sesuai dengan UU Nomor 1/2011 tentang Perumahan dan Permukiman, kita juga wajib melakukan upaya pencegahan,” katanya.

Baca juga: Prato Bakal Punya Taman Kota yang Keren Abis

Ia menambahkan, dari 269 kota/kabupaten dan 11.076 kelurahan/desa, yang sudah ditetapkan pemerintah, terdata 2.500 kelurahan terdapat permukiman kumuh.

Pendekatan berbasis masyarakat juga telah terbukti sukses dilaksanakan, salah satunya melalui kegiatan Rehabilitasi, Rekonstruksi Masyarakat, dan Permukiman Berbasis Komunitas (REKOMPAK). (Wit)

Direktur Jenderal (Dirjen) Cipta Karya Kementerian PUPR, Sri Hartoyo, menjelaskan kepada media terkait Infrastruktur Berbasis Masyarakat (IBM) yang menargetkan bebas kumuh pada 2020. Foto: Rumah123/Kementerian PUPR

rumah123.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me