Dari Properti Seperti Ini Trump Bisa Kaya Raya

Big Banner

Housing-Estate.com, Jakarta – Donald Trump adalah seorang konglomerat yang baru saja memenangkan pemilihan presiden Amerika Serikat dari Partai Republik mengalahkan Hillary Clinton dari Partai Demokrat. Trump merupakann sosok yang sukses sebagai seorang pengusaha dengan bidang usaha pertelevisian dan pengembangan properti.

donal-trump-anti-muslim

Di bidang properti, Trump sempat fokus pada penyewaan rumah kelas menengah dan merenovasi beberapa proyek swasta maupun pemerintah selain beberapa pengembangan properti lainnya. Kalau banyak konglomerat yang sumber kekayaannya berasal dari jual-beli saham, Trump bisa menjadi konglomerat salah satunya dari instrumen real estate instrument trust (REIT) atau dana investasi real estat (DIRE) yang memperjual-belikan properti sewa (hotel, vila, mal, perkantoran, rumah sakit, dan lainnya) di pasar bursa.

“Di negara-negara yang instrumen DIRE-nya sudah bagus investasi ini sangat menguntungkan dan Trump itu kaya raya dari situ. Instrumen DIRE yang sudah sangat maju bahkan sudah ada perusahaan penjamin kalau investasi ini misalnya merugi di pasar bursa,” ujar Sammy Luntungan, Wakil Ketua Umum DPP Real Estat Indonesia (REI) Bidang Pasar Modal dan REIT, kepada housing-estate.com di Jakarat, Senin (14/11).

Pasar saham disebut Sammy juga sangat menguntungkan hanya saja sifatnya yang fluktuatif bisa membuat investasi kita seketika menurun bahkan habis bila situasi pasar kurang mendukung. Sementara investasi DIRE memasarkan harga sewa sebuah pengelolaan properti sehingga tren pendapatannya sudah bisa diprediksi.

Di Indonesia investasi DIRE kurang dilirik karena aturan pajaknya yang masih belum jelas. Beberapa peraturan sudah mulai dideregulasi untuk kemudahan instrumen ini berkembang, namun terkait pajaknya masih belum jelas karena membutuhkan kepastian dari pemerintah daerah terkait pajak BPHTB karena sewa properti yang akan ditransaksikan tidak terlepas dari lokasi propertinya.

“Menurut saya pasar sewa perkantoran di Sudirman itu sudah sangat oke untuk dijual di pasar saham karena peminatnya tinggi dan harga sewanya juga naik terus. Jadi memang sayang kita tidak maksimal dengan pola investasi ini padahal potensinya cukup besar. Trump saja bisa kaya raya dari sini,” pungkasnya.

housing-estate.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me