Kalangan Menengah Bawah Disiapkan Jadi Pengusaha Wisata

Big Banner

Housing-Estate.com, Jakarta – Program KPR bersubsidi atau KPR fasilitas likuiditas pembiayaan perumahan (FLPP) akan diperluas kemanfaatannya. Selain untuk membeli rumah nantinya program FLPP juga bisa untuk membeli unit hotel berupa rumah wisata atau homestay yang menjadi program pemerintah untuk meningkatkan sektor pariwisata.

Menteri Pariwisata Arief Yahya

Menteri Pariwisata Arief Yahya

“Homestay ini bisa dimiliki oleh masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) dan pembeliannya bisa menggunakan FLPP dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat. Tahun depan akan mulai kita terapkan sehingga masyarakat bisa menjadi pelaku dan bukan hanya sekadar penonton untuk industri pariwisata,” ujar Menteri Pariwisata Arief Yahya di Jakarta, Selasa (15/11).

Hingga tahun 2019 pemerintah menargetkan bisa mengembangkan 100 ribu homestay. Lokasi pengembangannya di daerah-daerah yang memiliki potensi wisata tinggi seperti Danau Toba, Tanjung Lesung, dan Morotai. Ini merupakan terobosan untuk mempercepat pengembangan wisata dan kawasan karena kalau hanya mengandalkan pengembangan hotel konvensional sangat lama. Selain itu pihak hotel sangat selektif memilih lokasi sementara potensi wisata kita akan mencapai 20 juta orang.

Pemilik homestay akan dibekali pengetahuan di bidang pencatatan keuangan sederhana dan pengembangan SDM. Pengembangan 100 ribu homestay ini diprediksi bisa menampung 500 ribu tenaga kerja di bidang pariwista. Kementerian Pariwisata telah mengeluarkan aturan mengenai pedoman tujuan wisata berkelanjutan juga untuk memfasilitasi pengembangan menjadi sustainable tourism certification.

“Homestay juga bisa dikemas menjadi atraksi destinasi yang menarik dengan mengusung budaya lokal, tradisi masyarakat, maupun kehangatan people to people relations. Ini yang menjadi modal dasar dan kekuatan daya tarik wisata dan di sinilah peran pemerintah membantu permodalan dengan memasukan ini ke dalam skema FLPP,” pungkasnya.

housing-estate.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me