Arsitek Stadion Olimpiade Tokyo Garap Proyek Orange County

Big Banner

Housing-Estate.com, Jakarta – PT Lippo Cikarang Tbk (Lippo Group) menunjuk arsitek terkemuka kelas dunia, Kengo Kuma, sebagai design advisor pembuatan masterplan Orange County (322 ha) Cikarang, Bekasi. Fase pertama seluas 19,5 ha mencakup pengembangan apartemen, hotel, perkantoran, pusat perbelanjaan, ritel dan komersial. Selain itu ada sekolah/universitas, rumah sakit, convention center, dan fasilitas penunjang lainnya.

Kengo Kuma

Kengo Kuma

“Kengo Kuma akan bekerja sama dengan Mitsubishi Jisho Sekkei Inc. untuk merancang konsep livable city di Orange County. Kengo Kuma akan membuat desain spektakuler di keseluruhan desain masterplan fase I ini,” ujar Toto Bortholomeus, Presiden Direktur Lippo Cikarang, dalam siaran pers yang diterima housing-estate.com di Jakarta, Kamis (17/11).

Kengo Kuma juga menjadi arsitek untuk menggarap National Stadium di Jepang untuk Olimpiade Tokyo 2020. Sebagai arsitek Kuma disebut Toto sangat piawai menggabungkan kekayaan budaya tradisional dan teknologi modern dalam desain sculptural yang fenomenal. Diharapkan kolaborasi Kengo Kuma dan Mitsubishi Jisho Sekkei dapat menghasilkan karya terbaik dan meningkatkan kualitas hidup penghuni Orange County.

Stadion Alimpiade Tokyo

Stadion Alimpiade Tokyo

Ada empat konsep yang akan dikembangkan yaitu, menciptakan ruang publik yang komunikatif dan interaktif, mengutamakan pencahayaan natural dan hemat energi, desain pedesterian artistik dan nyaman bagi pejalan kaki, dan skyline impresif serta muka bangunan unik dengan sensasi yang bermain dengan volume ruang. Konsep tersebut nantinya didukung lima infrastruktur utama yang akan menjadi katalis pertumbuhan hingga lima tahun ke depan.

“Infrastruktur adalah pelabuhan laut dalam Patimbang, Bandara Kertajati, kereta cepat Jakarta-Bandung, LRT, dan monorel yang akan menghubungkan Orange County dengan tujuh kawasan industri di sekitarnya,” pungkas Toto.

housing-estate.com