Mudah Lho, Mencegah Ada Bercak Air di Dinding

Ilustrasi. (Rumah123/iStockphoto)

Kalau kamu mendapati dinding rumah ada bercak air atau water spot, nggak usah panik. Hal ini biasa terjadi pada dinding kok.

Bercak air ini memang disebabkan oleh air. Kalau ada kebocoran di talang, air bisa merembes ke tembok. Penyebab lainnya karena kualitas tembok yang buruk sehingga air tanah merambat naik.

Baca juga: Mau Ganti Tampilan Dinding Ruang Keluarga? Simak Dulu Nih!

Kalau kamu sudah mengetahui penyebabnya, ada sederetan cara untuk mencegah hal ini terjadi lho. Mau tahu apa saja?

Pertama, selalu memastikan kualitas tembok baik dan juga tidak ada kebocoran yang menyebabkan adanya rembesan di dinding.

Baca juga: Begini Nih, Cara Mencegah Cat Dinding Mengelupas

Untuk mencegah ada rembesan, selalu pastikan kalau dak, talang air, atau saluran air di atas rumah rutin diperiksa. Untuk dak atau tembok eksterior, gunakan cat waterproof untuk melapisi tembok agar tidak terjadi rembesan.

Kedua, pastikan kalau permukaan tembok kering sebelum melakukan pengecatan. Tembok yang tidak kering membuat cat juga tidak bisa mengering sempurna.

Baca juga: Bosan dengan Tampilan Dinding Ruang Keluarga? Ubah Sesuai Selera

Ketiga, permukaan dinding harus diratakan dengan dempul. Tetapi jangan menggunakan dempul yang mengandung plasticizer karena nantinya bisa menyebabkan water spot.

Keempat, saat melakukan pengecatan usahakan merata di semua bagian. Jangan melakukan pengecatan dinding dalam kondisi lingkungan yang lembap. Hindari juga mengecat permukan tembok yang terkena sinar matahari langsung karena proses pengeringan tidak akan merata.

rumah123.com