Yuk, Atur Kabel di Ruangan Anda Jelang Lebaran

Big Banner

Kabel yang berantakan, atau posisi saklar yang jauh dari jangkauan, akan cukup menggangu aktivitas. Apalagi saat momen spesial seperti Lebaran tiba. Kita tak ingin salah satu sudut rumah terlihat berantakan hanya karena kabel listrik.

Untuk itu, Anda perlu cegah situasi ini dengan perencanaan yang baik sejak awal membangun atau merenovasi ruang Anda.

1. Buat daftar peralatan elektronik apa saja yang akan Anda gunakan. Lebih aman buat stop kontak sesuai jumlah colokan alat elektronik. Hendaknya stop kontak tidak diparalel dengan multi switch atau T.
2. Tempatkan stop kontak di lantai pada bagian bawah meja kerja atau pada dinding di bawah meja dengan jarak 30cm dari lantai.
3. Tempatkan saklar pada posisi yang mudah Anda jangkau. Pada dinding sebelah meja kerja, atau bahkan di atas meja kerja. Untuk general lighting, sebaiknya saklar ditempatkan di dekat pintu ruang kerja. Hal ini akan memudahkan penyalaan lampu ketika Anda memasuki ruang.
4. Gunakan kabel yang memiliki kabel grounding. Ini untuk mencegah alat elektronik nyetrum. Untuk instalasi di dalam tanah atau tembok, lapisi kabel dengan pipa konduit.
5. Agar rapi, gunakan pembungkus kabel atau cable tie untuk mengikat beberapa kabel sehingga tidak berantakan.
6. Untuk instalasi di dalam tanah atau tembok, sebaiknya kabel ditanam menyusur sisi tembok atau bangunan. Ini untuk memudahkan jika suatu saat Anda melakukan pembongkaran atau perbaikan.

Haryanto
Foto: Istimewa

rumahdanproperti.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me