Obama Anugerahi Frank Gehry Medali Kebebasan

Big Banner

WASHINGTON DC, KOMPAS.com – Presiden Amerika Serikat (AS) Barack Obama memberikan Medali Kebebasan 2016 kepada 21 warga sipil AS pada Selasa (22/11/2016).

Salah satu yang diberikan penghargaan tersebut adalah arsitek bermahzab post modern Frank Gehry.

Gehry dikenal sebagai arsitek yang merancang berbagai bangunan ternama seperti Walt Disney Concert Hall di Los Angeles dan Museum Guggenheim di Bilbao Spanyol.

Lantas apa yang membuat Gehry mendapat penghargaan dari Obama tersebut? Untuk menjawabnya, pertama kali yang mesti diketahui adalah tentang apa itu Presidential Medal of Freedom atau Medali Kebebasan Presiden.

Penghargaan ini diberikan untuk menghormati orang-orang di AS yang telah memberikan dampak positif terhadap budaya lokal dan dianggap sebagai penghargaan tertinggi bagi warga sipil.

“Semua orang di panggung ini telah menyentuhku secara personal dengan cara luar biasa. Orang-orang ini yang telah membantuku membentuk diriku sekarang dan memikirkan tentang jabatanku,” kata Obama mengakhiri pidatonya.

Gehry tak diragukan lagi memiliki pengaruh pada budaya dan arsitektur di Amerika. Lahir di Toronto, Kanada, Gehry kini menetap di Los Angeles dan bertanggung jawab untuk beberapa bangunan.

Sebut saja Sekolah Hukum Loyola di pusat Kota Los Angeles, Winton House di Minnesota, dan New York By Gehry yang merupakan salah satu menara residensial tertinggi di dunia.

Saat ini, Gehry tengah fokus mengerjakan sekolah nirlaba bagi anak-anak di lingkungan pendapatan rendah Watss, Los Angeles.

Menurut Fast Co Design, Gehry merupakan salah satu pengadopsi awal desain bangunan menggunakan komputer.

Dia juga dikenal sebagai seseorang yang menganggap arsitektur tidak bisa direkayasa dengan metode analog tradisional atau menganggap gambar dapat digunakan untuk merepresentasikan desain.

Sang arsitek pertama kali memperkenalkan namanya ketika pindah ke California setelah hengkang dari Harvard Graduate School of Design.

Dia kemudian menciptakan “Easy Edges”, sebuah garis furnitur terbuat dari lapisan karton berombak yang dijual dari 1969 hingga 1973.

Dengan menggunakan uang hasil furniturnya, Gehry memberikan rumah di Santa Monica bagi keluarganya.

Setelah merancang banyak rumah di California Selatan sepanjang 1980-an, Gehry fokus mendesain gedung-gedung yang lambat laun membawanya terkenal lebih jauh lagi.

Dalam prosesnya, dia menjadi populer karena menggunakan bahan konvensional seperti logam bergelombang untuk estetika kasar yang konsisten ada pada seluruh karyanya.

properti.kompas.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me