Shanghai Tower Meraih Penghargaan Emporis Skyscraper Award 2015

Big Banner
Shanghai Tower, Tiongkok (Rumah123/Dezeen)

Shanghai Tower yang berada di kota Shanghai, Tiongkok berhasil memenangkan penghargaan Emporis Skyscraper Award 2015.

Gedung ini berhasil mengalahkan para pesaingnya, 300 bangunan di seluruh dunia dengan tinggi lebih dari 100 meter yang pengerjaan konstruksinya selesai pada 2015.

Baca juga: Hmm, Ini Dia Desain Taman Kota Yang Orisinal dan Inovatif

Para juri Emporis Skyscraper 2015 ini terkesan dengan bentuk bangunan yang silinder dan spiral, namun elegan.

Selain itu, Shanghai Tower dinilai karena menyediakan sistem efisiensi energi yang luar biasa. Gedung ini sendiri memiliki dua fasad.

Baca juga: Ikon Arsitektur Memang Harus Menyatu dengan Masyarakat

Gedung ini juga dipuji karena bisa membuat pembagian zona kantor, area hiburan, dan retail dengan baik. Ada sembilan zona pembagian dalam Shanghai Tower.

Shanghai Tower ini dirancang oleh biro arsitek asal Amerika Serikat, Gensler. Biro arsitek ini didirikan oleh tiga arsitek AS pada 1965. Gensler memiliki cabang di 46 kota yang tersebar di 16 negara, dengan karyawan mencapai 3.500 orang.

Baca juga: Sekelumit Kisah Sejarah Amerika Serikat dalam Rumah JFK

Shanghai Tower memiliki tinggi 632 meter dan menjadi gedung tertinggi kedua di dunia setelah Burj Al Khalifa di Dubai, Uni Emirat Arab.

Dalam penghargaan kali ini, Emporis juga menyertakan 9 finalis. Gedung-gedung ini adalah Evolution Tower (Moscow, Rusia), Il Dritto (Milan, Italia), dan Jiangxi Nanchang Greenland Central Plaza (Nanchang, Tiongkok).

Baca juga: Lihat Nih, Rumah Mewah Pertama Presiden Terpilih AS Donald Trump

Lantas ada Abode318 (Melbourne, Australia), Icon Bay (Miami, Amerika Serikat), D1 Tower (Dubai, Uni Emirat Arab), 432 Park Avenue (New York, Amerika Serikat), Citygate Tower (Vienna, Austria), serta ICE II (Toronto, Kanada).

Emporis Skyscraper Award diberikan oleh Emporis, perusahaan data real estate yang berdiri pada 1996. Emporis berkantor pusat di Hamburg, Jerman.

Baca juga: Kawasan Perumahan London Utara Jadi Incaran Selebriti dan Orang Kaya

Penghargaan resmi diberi nama Emporis Skyscraper Award sejak 2000. Sebelumnya, penghargaan bernama Skyscraper.com.

rumah123.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me