Bangun Akses Ciletuh National Geopark, Jabar Anggarkan Rp 200 Miliar

Big Banner

BANDUNG, KOMPAS.com – Pemerintah Provinsi Jawa Barat (Pemprov Jabar) mengalokasikan dana Rp 200 miliar untuk pembangunan infrastruktur, termasuk jalan dan jembatan sebagai akses menuju Ciletuh Nasional Geopark di Pelabuhan Ratu, Kabupaten Sukabumi.

Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan (Aher) mengatakan Ciletuh National Geopark telah dikembangkan sejak tahun 2015 lalu. 

“Kami juga telah membangun jalan dengan dana senilai Rp 90 miliar. Tahun 2017, kami anggarkan Rp200 miliar untuk jalan dan jembatan,” ujar Aher di Jakarta seperti dikutip Antara, Senin (28/11/2016).

Pemerintah akan membangun jalan sepanjang pantai yang membentang dari Loji di Pelabuhan Ratu ke daerah Puncak Darma.

“Dari Puncak Darma, itu akan turun lagi dan mencapai wilayah utama Ciletuh Geopark. Saat ini, kami baru memiliki jalan setapak,” tambah Aher.

Diharapkan, pembangunan jalan bisa selesai pada 2017 atau 2018, dan pengunjung bisa mencapai Ciletuh Geopark menggunakan jalan baru.

Sebelumnya, Pemprov Jawa Barat telah menandatangani perjanjian dengan berbagai pihak, termasuk Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sukabumi, PT Perkebunan Nusantara VIII, PT Biofarma, Perusahaan Daerah (PD) Jawi, Bank BJB, dan Universitas Padjajaran, untuk mengembangkan daerah Ciletuh.

“Bersama-sama, kami akan mengembangkan Ciletuh menjadi Unesco Global Geopark, dan kami sudah menyiapkan dokumen-dokumennya,” sebut Aher.

Pengembangan Ciletuh Geopark seluas 126.000 hektar ini akan diintegrasikan dengan rencana pembangunan Bandara Citarate di Sukabumi yang lokasinya berdekatan.

properti.kompas.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me