Istana Negara Tak Punya Sertifikat, Sri Mulyani Khawatir Cucunya Daendels Klaim

Big Banner

JAKARTA – Sri Mulyani telah dua kali menjabat sebagai Menteri Keuangan RI. Sebelumnya, Sri Mulyani menjabat sebagai Menteri Keuangan pada 7 Mei 2005 hingga 20 Mei 2010.

Sri Mulyani mengungkapkan, saat menjabat sebagai Menteri Keuangan periode pertama yakni pada 2005, terdapat beberapa tantangan yang harus ia hadapi. Salah satu tantangan tersebut adalah sertifikat lahan dan gedung.

Dia menyatakan, Istana Negara atau Istana Kepresidenan menjadi salah satu aset negara yang tidak memiliki sertifikat. Bahkan, pada saat itu, Sri Mulyani sempat khawatir aset ini bakal diklaim oleh keturunan Gubernur Jenderal Herman Willem Daendels yang pernah menjabat sebagai Gubernur Jenderal Hindia Belanda pada 1808-1810.

“Gedung yang didiami oleh presiden, yaitu Istana itu enggak ada sertifikatnya, saya khawatir bisa saja itu cucunya Daendels ngeklaim,” tutur Sri Mulyani yang disambut gelak tawa tamu undangan, Jakarta, Rabu (30/11/2016).

Untuk itu, sertifikasi aset negara pun dilakukan. Hal ini merupakan salah satu tantangan pertama yang dihadapi oleh Sri Mulyani saat menjabat sebagai Menteri Keuangan.

“Tapi itu luar biasa kita lakukan. Jadi aset itu kita tertibkan, bukukan, dan itu adalah suatu tantangan,” tutupnya.

property.okezone.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me