Asia Young Designer Award 2016 Usung Konsep Hijau

Big Banner

JakartaAsia Young Designer Award 2016 (AYDA) baru saja mengumumkan pemenang. Sebanyak enam mahasiswa asal sejumlah universitas di Indonesia keluar sebagai pemenang. Para pemenang berasal dari dua kategori, yaitu desain interior dan arsitektur. Di penyelenggaraan ke-5 ini, konsep hijau masih terus diusung.

“Tahun ini tema yang diangkat adalah Be Bold, Be Free, and Be You. Tapi dari tema tersebut, tetap kami minta semua peserta mengusung elemen green dan warna,” kata Jon Tan, CEO Nippon Paint Indonesia di Jakarta, Kamis (1/12).

Elemen green yang diterapkan di desain interior dan karya arsitektur peserta, diantaranya adalah penerapan hemat listrik, air, teknologi reuse dan recycle, serta penggunaan bahan-bahan yang ramah lingkungan.

Karya pemenang pertama kategori desain interior berjudul Kartaka Space, meletakkan pohon sebagai pusat perhatian. “Saya angkat konsep Tropical Funenvironment. Biasanya yang menjadi pusat perhatian di sebuah ruangan adalah seni instalasi. Nah, saya letakkan pohon supaya orang fun,” kata Nahja Akbar, mahasiswa jurusan desain interior, Institut Teknologi Bandung.

Nahja mendesain semacam gedung pusat ekonomi kreatif. “Ini sebuah co-working yang efektif dengan ruang efisien yang mengakomasi 15 subsektor ekonomi kreatif,” jelas Nahja.

Tahun ini, Asia Young Designer Award 2016 dibanjiri peserta. “Tahun lalu hanya 500, tahun ini mencapai 600 peserta dengan kualitas karya yang jauh lebih baik,” kata Jon Tan.

Menurut Jon Tan, ajang ini tak hanya memberikan pengalaman berkompetisi saja. “Tetapi juga dapat memeberikan gambaran mengenai industri sesungguhnya yang akan mereka jelajahi nanti,” kata Jon.

Jon menjelaskan, arsitektur berperan penting dalam sebuah konsep bangunan yang inovatif dan berkelanjutan. Begitu pula dengan desain interior yang dituntut untuk melengkapi estetika dari sebuah fungsi ruang melalui desain reatif dan inovatif.

Selain mendapatkan hadiah, para pemenang juga akan mendapatkan kesempatan magang di sejumlah perusahaan yang terlibat sebagai juri. Diantaranya AECOM, Aghnia Fuad, Envirotec, Ethospace, Intiland, Ong & Ong, W Office.

Pemenang juga akan mewili Indonesia untuk bersaing di ajang kompetisi tingkat regional AYDA untuk memperebutkan Platinum Award. Kompetisi regionalakan digelar di Yogyakarta pada Maret 2017 dan diikuti 15 negara, seperti Jepang, Cina, Hong Kong, Taiwan, India, Singapura, Malaysia, Filipina, Thailand, Srilanka, Bangladesh, Pakistan, Vietnam, Papua Nugini, dan Indonesia.

Investor Daily

Mardiana Makmun/MAR

Investor Daily

beritasatu.com