Pasar Apartemen Akan Membaik

Big Banner

Housing-Estate.com, Jakarta – Sektor apartemen salah satu yang paling terpukul akibat melemahnya pasar properti dan perekonomian beberapa tahun terakhir. Tapi kondisi itu diprediksi akan segera membaik meskipun secara bertahap.

pembangunan-apartemen

“Tahun 2017 pasar properti khususnya sektor apartmen akan memasuki siklus baru dan akan tumbuh secara gradual. Ini didorong pertumbuhan ekonomi ditargetkan di atas 5 persen, nilai produk domestik bruto (PDB) yang cukup besar, dan kebijakan pemerintah yang pro bisnis,” ujar Anton Sitorus, Director Head of Research and Consultancy Savills Indonesia, saat memaparkan economy outlook 2017 di Jakarta, pekan ini.

Anton menyebut rasio PDB terhadap KPR masih sangat kecil hanya 2,8 persen. Sementara  Malaysia rasionya mencapai 37,8 persen, bahkan Singapura hampir 46 persen. Karena kebutuhan hunian di Indonesia masih sangat besar pasokan berlebih (over supply) tahun-tahun sebelumnya diprediksi akan terserap pada tahun 2017.

Sejumlah data mengindikasikan sepanjang triwulan ke-2 dan 3 serapan apartemen terus mengalami pertumbuhan terutama apartemen menengah. Dari sekitar 120 ribu unit apartemen yang terbangun, apartemen  di kawasan bisnis (CBD) paling bagus tingkat serapannya. Anton menyatakan tidak ada masalah dengan daya beli konsumen apartemen, penurunan permintaan selama ini karena situasi perekonomian tidak mendukung. Kendati demikian secara umum penjualan apartemen masih cukup positif.

“Naik turunnya properti itu bisa diprediksi dan di Indonesia  belum pernah ada sejarahnya harga properti anjlok dalam jangka waktu lama. Ini karena kebutuhan hunian sangat besar dan terus meningkat karena pertambahan penduduk dan migrasi,” pungkasnya.

housing-estate.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me